Moms, Jawab seperti Ini ketika Anak Penasaran Tanyakan Seputar Seks

Moms, Jawab seperti Ini ketika Anak Penasaran Tanyakan Seputar Seks

Pola asuh (Foto: Pinterest)

ANAK berusia lima tahun bisa sangat kritis. Mereka dibuat penasaran mengapa ada bayi lahir dan orangtua memiliki anak. Ketika semua rasa penasaran itu dilontarkan kepada orangtua, apakah yang akan Anda jawab?

Mungkin ketika anak bertanya, “Bagaimana bisa ada seorang bayi?” Orangtua masih bisa menjawab, “Karena ada suami-istri yang saling mencintai.” Tapi, anak-anak tak puas sampai di situ, mereka semakin kritis. Pertanyaan selanjutnya adalah, “Lantas, bagaimana dengan wanita-wanita yang tak punya suami tapi punya anak?”

Berdasarkan pertanyaan itu, apakah Anda akan menceritakan tentang bayi tabung, anak angkat, atau kasus perceraian? Seperti dilansir Parenting, Senin (20/3/2017), banyak orangtua malu menjelaskan soal seks kepada anak.

“Ini sungguh mencengangkan. Ketika televisi nasional sedang gempar membahas isu oral seks, bahkan terang-terang menyebut vagina dan penis, orangtua masih tabu,” ujar Debra W. Haffner, MPH seorang pakar Pendidikan Seksual Anak di Amerika Serikat.

Untuk itu, mari kita melompat lebih jauh. Orangtua harus siap dan punya jawaban cerdas ketika anak-anak bertanya soal hal seputar seks. Anak-anak usia 5-7 tahun perlu mendengar penjelasan dari orangtua. Berikut ini jawaban cerdas bila anak bertanya soal seks.

"Apa artinya berhubungan seks?"

Jawaban singkat :

Seks adalah cara orang dewasa menunjukkan cinta satu sama lain. Ini juga meliputi cara bagaimana orang membuat bayi yang lebih di kamar.

Jawaban panjang :

Jika anak ingin informasi lebih lanjut, jelaskan kalau pria memasukkan penisnya ke dalam vagina wanita. Itu membahas ini lebih detil, nanti akan ada waktunya. Kemudian beri si kecil pelukan.

"Bagaimana sperma dan sel telur bertemu?"

Jawaban singkat :

Mereka bertemu di dalam tubuh wanita dan membentuk bayi perempuan atau laki-laki. Di dalam rahim bayi dirawat hingga siap keluar setelah sembilan bulan.

Jawaban panjang :

Sperma keluar dari penis pria saat berhubungan seks dan masuk ke dalam rahim wanita, di mana ia bertemu sel telur. Lalu mereka bergabung untuk membuat bayi. Anak seusiamu tidak siap mendengar tentang gairah, sehingga tunggu penjelasan lebih lanjut secara klinis.

"Bagaimana bayi keluar?"

Jawaban singkat :

Melalui vagina ibu

Jawaban panjang

Ketika bayi siap untuk dilahirkan, rahim ibu mendorong bayi keluar ini disebut tenaga kerja Vagina meregang menjadi lebar untuk pintu keluar bayi, dan kemudian menyusut kembali ke ukuran biasa.

"Mengapa penisku bisa mengeras?"

Jawaban singkat :

Karena dia (penis) sedang bekerja. Ketika sudah tidak lagi, maka dia akan kembali lembut.

Jawaban panjang :

Itu yang disebut ereksi. Ini berarti ada darah ekstra masuk ke penis Tapi jangan khawatir, itu tidak menyebabkan luka atau rusak. Hal ini terjadi karena kamu mempunyai pemikiran yang menarik, atau ketika buang air kecil, menggosok, bahkan tanpa apa pun.

"Mengapa aku tak bisa masuk ke kamar ibu pada malam hari?”

Jawaban singkat :

Kamu bisa masuk jika keadaan darurat. Jika tidak, ayah dan ibu ingin menghabiskan waktu bersama. Setiap orang butuh privasi, dan kamu harus menghormati itu.

Jawaban panjang :

Jelaskan bahwa Anda sedang berhubungan seks di balik pintu tertutup. Anak-anak tidak boleh melihat itu. Tapi yakinlah ayah dan ibu tidak saling menyakiti kami sedang saling mencintai.

(vin)

Baca Juga

Kurang Antusias Beraksi di Ranjang? Ini Kata Psikolog!

Kurang Antusias Beraksi di Ranjang? Ini Kata Psikolog!