Trik Membuat Kulit Sus yang Renyah & Lembut

Trik Membuat Kulit Sus yang Renyah & Lembut

Kulit kue sus yang sempurna (Foto:Resepkuekeringku)

BAGI pencinta makanan manis pasti sudah tidak asing lagi denan kue sus. Selain rasa manisnya yang khas, kue asal Prancis ini juga memiliki tekstur kulit lembut yang sangat disukai oleh berbagai kalangan.

Di Indonesia, kue sus sering disajikan untuk menu pembua di berbagai acara besar. Namun demikian, Anda juga bisa loh mengolah hidangan ini di rumah.

Dikutip dari buku Variasi Kue Sus, karya Yeni Ismayani, berikut tips ampuh membuat kulit sus yang sempurna.

1. Timbang secara teliti semua bahan sesuai resep. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar teksturnya sempurna.

2. Masak air/susu cair dengan mentega hingga mendidih dan bergolak. Masukkan tepung terigu langsung semuanya (sekaligus), lalu aduk secara cepat dengan sendok kayu.

3. Rebus adonan hingga benar-benar matang sempurna dengan ciri tidak menempel lagi di panci dan adonan mengkilat. Jika perlu masak lagi dengan api kecil hingga dasar panci mulai gosong.

4. Saat memasukkan telur, adonan tidak boleh terlalu panas, kocok dengan sendok kayu atau mixer sampai adonan mengkilat dan halus.

5. Hindari pengolesan margarin yang terlalu tebal di atas loyang agar adonan tidak bergesee dan menempel satu sama lain.

6. Untuk proses pemanggangan sendiri, gunakan suhu oven 180 derajat celcius - 200 derajat Celcius dengan waktu 25-30 menit agar dapat mengembang sempurna. Cara ini juga bertujuan untuk menghasilkan kulit sus yang ringan dan kopong pada bagian tengahnya

(ndr)

Baca Juga

Berapa Lama Sebaiknya Keju Disimpan dalam Kulkas & Aman Dikonsumsi? Kenali Jenis Kejunya Dulu

Berapa Lama Sebaiknya Keju Disimpan dalam Kulkas & Aman Dikonsumsi? Kenali Jenis Kejunya Dulu