Tips Aman dari Hewan Liar ketika Kemah di Hutan

Tips Aman dari Hewan Liar ketika Kemah di Hutan

Ilustrasi Berkemah di Hutan (foto: Shutterstock)

KEMAH di hutan liar, seperti hutan di kawasan taman nasional atau gunung, bukanlah tempat yang aman untuk tinggal, meskipun menyenangkan. Kehadiran binatang-binatang yang biasa mencari makan di malam hari mungkin menjadi ancaman.

Tapi, Anda bisa mengantisipasinya dengan mengikuti beberapa saran berikut, seperti dilansir dari Exploreserac :

Memilih tempat perkemahan yang jauh dari tempat aktivitas hewan

Mendirikan tenda di tepi danau yang indah mungkin keinginan banyak orang. Tapi, sama seperti kita, penghuni alam liar lainnya pasti juga membutuhkan sumber air. Jadi, berkemah di tempat yang sedikit lebih jauh dari sumber air adalah ide yang lebih baik.

Selain itu, jangan dirikan tenda atau tempat kemah di tempat yang memiliki jejak hewan liar. Jika Anda di gunung, dirikan tenda hanya di lokasi kemah yang umum digunakan pendaki atau diizinkan pengelola kawasan tersebut.

Jangan nyalakan api unggun

Jika bukan di lokasi jambore atau lokasi alam buatan, jangan sekali-kali menyalakan api unggun besar di tengah alam liar. Hewan-hewan nokturnal akan tertarik jika mendengar suara berisik manusia, termasuk daya tarik dari api unggun.

Jangan buang sampah atau simpan makanan di luar tenda

Meski Anda membutuhkan banyak ruang untuk istirahat, jangan biarkan makanan atau sisanya di luar tempat berkemah. Bahkan jika Anda tidak berada di daerah dengan predator berbahaya, Anda pastinya tidak ingin dibangunkan tupai yang bisa merusak tenda atau mencakar Anda.

Gantung hammock tinggi di atas tanah

Jika Anda ingin tidur di atas hammock, daripada di dalam tenda, gantung hammock di tempat yang aman. Ini seperti dengan menggantungnya lebih tinggi dan pilih pohon yang bukan menjadi rumah bagi hewan-hewan pohon kecil, seperti tupai, tinggal.

(fid)

Baca Juga

Kenali Bangunan Sekolah Bersejarah di Semarang <i>Yuk!</i>

Kenali Bangunan Sekolah Bersejarah di Semarang Yuk!