CATAT! Tuberkulosis Bukan Penyakit Keturunan

CATAT! Tuberkulosis Bukan Penyakit Keturunan

Ilustrasi (Foto: Usnews)

PASIEN tuberkulosis (TB) sering menyangka jika penyakitnya termasuk penyakit keturunan. Padahal tidak, tapi penyakit ini tergolong menular lewat droplet.

Spesialis Paru dari RS Evasari dr Ni Nyoman Priantini SpP menjelaskan, orang bisa terkena TB dari penularan mycobacterium tuberkulosis. Penyakit ini mudah menular kepada orang dengan daya tahan tubuh lemah.

"TB itu bukan penyakit keturunan, banyak pasien yang menanyakan pada saya. TB ini penyakit menular yang tetap harus dihindari," kata dr Nyoman kepada Okezone di RS Awal Bros Evasari Jakarta, kawasan Rawasari, Jumat (17/3/2017).

Penularan TB sangat cepat, apalagi pada satu anggota keluarga. Umumnya terjadi pada ibu dan anak yang selalu kontak setiap saat.

Karena hanya dengan batuk dengan dahak yang terpercik, bisa menularkan ribuan bakteri. Bayangkan, satu mililiter droplet (air liur) mengandung 5.000 bakteri.

"Orang berdahak sembarangan bisa menularkan bakteri. Apalagi kalau sudah kena TB, dropletnya bahaya bisa langsung menularkan kepada orang di sekitarnya," tambah dr Nyoman.

Karena itu, Anda harus menggunakan masker di manapun berada untuk mencegah penyakit TB. Sekali menggunakan, harus ganti baru agar tetap aman dan bersih.

(hel)

Baca Juga

<i>Waduh</i>, Sampah yang Sulit Diurai Timbulkan Gas Metana Berbahaya

Waduh, Sampah yang Sulit Diurai Timbulkan Gas Metana Berbahaya