Jangan Berdebat soal Pola Asuh Anak dengan Sahabat, Ini Alasannya

Jangan Berdebat soal Pola Asuh Anak dengan Sahabat, Ini Alasannya

Parenting (Foto: Wvnh)

BERKUMPUL dalam suatu geng arisan, mama-mama muda tak harus memiliki gaya parenting yang sama. Tapi, jangan jadikan filosofi pola asuh Anda untuk saling membandingkan dan perdebatan.

"Tak masalah jika Anda cocok dalam hal pergaulan, tapi gaya pengasuhannya bentrok," kata Andrea Bonior, Ph.D., seorang psikolog di Washington DC, dan penulis The Friendship Fix. Masalah sering terjadi ketika Anda gemas ingin mengkritik teman karena gaya parentingnya bertentangan. Untuk mengatasi itu, coba ikuti petunjuk yang dilansir Parents, Sabtu (18/3/2017).

Jangan langsung menyimpulkan

Ketika teman mengangkat alis saat Anda mengajak main si kecil yang menangis, jangan langsung tersinggung. Bukan berarti cara Anda salah. Biarkan persahabatan tetap baik, tanpa menghakimi.

Belajar sendiri tanpa meminta saran

Ada banyak buku-buku atau situs online untuk belajar parenting. Terkadang curhat atau pertanya kepada teman tentang pola asuh anak hanya menciptakan kritik dan konflik. Jadi hindari itu.

Bicarakan topik lain

Bicara soal pola asuh, biasa berujung pada membanding-bandingkan. Coba cari topik lain saat sedang bercengkrama bersama teman-teman. Menjadi seorang ibu memang tidak mudah, topik tentang sering menjadi isu utama saat berkumpul.

Sadar, tak ada orangtua yang sempurna

Jika sudah terjadi perdebatan, ingatlah setiap anak memiliki kebutuhan dan latar belakang berbeda. Selain itu tak orangtua yang sempurna dalam mengsuh anak. Perbedaan itu biasa dan sadari hanya orangtua yang paling tahu apa yang terbaik untuk si buah hati.

(dno)

Baca Juga

<i>Yuk Intip</i> Desain Kamar Mandi Bertaman yang Bikin Mata Adem

Yuk Intip Desain Kamar Mandi Bertaman yang Bikin Mata Adem