Yuk Intip Sejarah Singkat dari Kue Sus

Yuk Intip Sejarah Singkat dari Kue Sus

Kue sus (Foto: UKTV)

BAGI pencinta kudapan manis, pasti sudah familiar dengan kue sus. Rasa manisnya yang menggoda, serta tekstur kulit yang lembut, membuat kudapan ini sangat digemari.

Namun, tahukah Anda bahwa kue sus berasal dari akulturasi kebudayaan dua negara di Eropa? Daripada penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya.

Dilansir Okezone dari berbagai sumber, Minggu (19/3/2017), kue sus pertama kali ditemukan pada 1533 silam. Pada saat itu, seorang putri cantik asal Italia, Catherine de'Medici, memutuskan untuk meninggalkan kota kelahirannya untuk menikah dengan Raja Henry II asal Prancis.

Catherine memboyong seluruh anggota istananya termasuk para koki untuk tinggal di Prancis. Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada 1540, kepala juru masak bernama Panterelli berhasil menciptakan adonan pasta yang juga ia gunakan untuk membuat kue.

Awalnya, adonan tersebut ia namakan pate a panterelli. Namun nama tersebut tidak bertahan lama, hingga akhirnya disebut pate a choux.

Seiring berjalannya waktu, seorang juru masak asal Prancis, Marie-Antoine Carema, berinisiatif untuk menyempurnakan resep tersebut. Resep milik Marie kini banyak diadopsi oleh toko-toko pastry ternama di seluruh dunia.

(hel)

Baca Juga

Gratiskan Kopi, Pembeli Bawa Panci hingga Galon!

Gratiskan Kopi, Pembeli Bawa Panci hingga Galon!