Jangan Pasrah! Begini Tips Menurunkan Berat Badan di Usia 40-an

Jangan Pasrah! Begini Tips Menurunkan Berat Badan di Usia 40-an

Ilustrasi (Foto: Verywell)

KETIKA melewati usia 40 tahun, wanita cenderung tidak memperhatikan atau pasrah dengan berat badan yang terus melonjak. Ingat, menjaga berat badan tetap normal bukan sekedar soal penampilan agar terlihat menarik, tetapi juga kesehatan.

Ketika melewati usia 40 tahun, wanita dihadapkan masalah ketidakseimbangan hormon yang salah satu dampaknya kenaikan berat badan. Selain itu, metabolisme yang mulai melambat juga dapat menyebabkan badan terus membengkak.

Tapi, bukan berarti wanita harus pasrah dengan kondisi tersebut. Wanita harus tetap menjaga berat badan. Jika merasa sudah kelebihan berat badan, maka wajib untuk menurunkannya.

Memiliki berat badan yang ideal dan terlihat menarik di usia 40 tahunan adalah bonus, hal paling penting adalah kesehatan. Dengan tidak kelebihan berat badan di usia 40 tahunan, wanita akan terhindar dari berbagai masalah kesehatan, seperti diabetes dan penyakit jantung.

Lalu, bagaimana cara menurunkan berat badan di tengah masalah hormonal dan metabolisme yang mulai melambat? Sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan, cukup membutuhkan tekad bulat untuk menurunkan berat badan. Setelah itu, Anda bisa mengikuti tips sederhana berikut:

Cek makanan

Makan pada porsi kecil dan mengecek semua yang Anda makan adalah hal terbaik untuk menurunkan berat badan. Karena, metabolisme melambat di usia 40 tahun, Anda harus benar-benar menjaga makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Hindari gula

Hindari gula akan membantu menurunkan berat badan dengan mudah dan menyingkirkan lemak di tangan, wajah, dan kaki. Ini adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan setelah usia 40 tahun.

Atur porsi

Anda bisa makan segala sesuatu, tetapi cobalah untuk mengambil porsi yang lebih sedikit. Sebisa mungkin, cobalah untuk memilih sayuran dan buah-buahan segar.

Makan dengan penuh kesadaran

Makanlah lebih banyak dengan kesadaran, sehingga akan membantu Anda menyadari jika benar-benar lapar atau emosi sedang tidak stabil. Jika bisa, Anda akan lebih mudah dan cepat untuk menurunkan berat badan di usia 40-an.

Berhenti konsumsi makanan olahan

Berhenti mengonsumsi makanan olahan dan menggantinya dengan yang lebih sehat, seperti buah dan sayur. Asupan tersebut akan memberikan diri Anda keseimbangan yang tepat. Selain itu, pastikan Anda menjadi aktif secara fisik dan berolahraga setiap hari. Dikutip dari laman Boldsky, Minggu (19/3/2017).

(hel)

Baca Juga

Penjelasan Medis Kenapa Tendangan di Selangkangan Pria Terasa Sakit, Ada Bahayanya Juga!

Penjelasan Medis Kenapa Tendangan di Selangkangan Pria Terasa Sakit, Ada Bahayanya Juga!