4 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Membersihkan Kacamata

4 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Membersihkan Kacamata

Kesalahan membersihkan kacamata sebaiknya dihindari (foto: shutterstock)

SEBAGIAN besar orang ada yang menjadikan kacamata sebagai salah satu kebutuhan primer. Namun, kini, ada pula beberapa orang yang menggunakan kacamata sebagai penunjang penampilan.

Keduanya pun memiliki kesamaan, yakni sama-sama harus dibersihkan secara rutin, terutama saat kotor atau terkena goresan. Sayangnya, cara membersihkan yang dilakukan kerap kali diwarnai kesalahan. Berikut adalah kesalahan yang kerap terjadi dalam membersihkan kacamata, seperti dilansir Allaboutvision, Senin (20/3/2017).

Mengelap kacamata dengan ujung pakaian

Salah satu cara yang paling umum dilakukan para pengguna kacamata adalah mengelapnya ujung pakaian. Mulai sekarang, jangan lagi menggunakan pakaian untuk membersihkan kacamata, apalagi ketika lensa dalam keadaan kering. Ini justru akan menambah goresan pada lensa kacamata.

Jangan meniupkan napas

Untuk membersihkan kacamata, beberapa orang ada yang meniupkan napas ke kacamata kemudian dibersihkan dengan kain. Padahal, cara ini dapat membuat kacamata tergores. Sebelum menggosok lensa dengan kain pembersih, sebaiknya bersihkan debu dan kotoran menggunakan aliran air.

Dilarang menggunakan cairan pembersih kaca

Jangan menggunakan cairan pembersih kaca rumah tangga untuk membersihkan kacamata. Pasalnya produk tersebut memiliki kandungan yang dapat merusak kacamata. Jika tak ada aliran air, sebaiknya semprotkan cairan pembersih khusus kacamata.

Hindari penggunaan tisu untuk membersihkan

Meski tisu memiliki tekstur yang halus, namun hindari penggunaannya untuk membersihkan kacamata. Sebab tisu dapat menimbulkan goresan pada lensa kacamata. Gunakan kain microfiber yang halus untuk membersihkan kacamata.

(slv)

Baca Juga

Topi Cowboy Termahal Lady Gaga saat Manggung Senilai Rp13 Milyar

Topi Cowboy Termahal Lady Gaga saat Manggung Senilai Rp13 Milyar