Anak Beranjak Remaja akan Banyak Bertanya tentang Seks, Moms Harus Tahu Ini Dulu Ya!

Anak Beranjak Remaja akan Banyak Bertanya tentang Seks, Moms Harus Tahu Ini Dulu Ya!

Pola asuh (Foto: Focusonthefamily)

SEBAGAI orangtua mungkin Anda akan menghindar ketika anak bertanya soal seks. Selain malu menjawab, tidak mampu memberi penjelasan yang tepat kepada anak adalah alasannya.

Moms, jangan berpikir seperti itu. Seharusnya Anda lega karena si kecil memilih orangtuanya sebagai tempat bertanya. Anda dapat memberi jawaban yang aman, ketimbang anak mengetahui jawaban dari teman. Inilah sederet alasan mengapa orangtua merupakan tempat bertanya soal seks yang terbaik.

Orangtua mengetahui dasar organ seksual anak

Ini adalah tugas orangtua menjelaskan tentang seks sejak dini kepada anak. Mulai dari anak mengenal nama-nama organ tubuh. Maka, dalam tahap selanjutnya orangtua mengerti perkembangan seksual anak dan menjelaskannya.

Orangtua belajar seks setiap hari

Berhubungan seks dengan pasangan setiap hari, praktis membuat orangtua mengerti tentang seks. Jadi pemahaman orangtua seharusnya sudah cukup untuk memberi jawaban dasar atas pertanyaan anak.

Orangtua pendidik yang efektif

Anda tidak perlu menjadi seorang ahli atau benar-benar nyaman dengan topik seksualitas ketika anak bertanya. Namun, berlatihlah dan mencoba memberi jawaban yang aman dan membuat anak nyaman. Karena kenyamanan anak itu yang lebih penting, ini untuk menghindari anak bertanya kepada orang yang salah.

(vin)

Baca Juga

Bingung Pilih Buku untuk Anak di Pameran? Ikuti Petunjuk Ini

Bingung Pilih Buku untuk Anak di Pameran? Ikuti Petunjuk Ini