Anak Bertanya soal Seks, Jangan Jawab Asal-asalan! Jawab dengan Jujur

Anak Bertanya soal Seks, Jangan Jawab Asal-asalan! Jawab dengan Jujur

Pola asuh (Foto: Popsugar)

SI kecil bertanya soal seks. Lalu, apa yang akan Anda katakan? Moms, sepanik apa pun Anda jangan coba-coba berbohong. Jawab dengan jujur pertanyaan anak.

Jika Anda berbohong, sama saja mengajak anak pada kesesatan memahami seks. Berikut ini aturan menjawab pertanyaan seputar seks dari anak, seperti dilansir Girlsinc, Senin (20/3/2017).

Kejujuran adalah kebijakan terbaik

Jika Anda tidak tahu jawaban dari pertanyaan anak, jangan jawab asal-asalan. Cari tahu jawabannya dan ketahui bersama. Demikian juga untuk pertanyaan yang membuat Anda tidak nyaman atau malu menjawab. Tidak apa-apa mengatakan, "Ibu agak malu dengan pertanyaan itu, tapi aku senang kau bertanya, dan saya akan mencoba untuk menjawabnya." Cara ini memungkinkan anak tahu bahwa berbicara tentang seksualitas dan seks bukan hal memalukan.

Pastikan berbicara tentang perasaan dan sikap

Merupakan tanggung jawab dan hak orangtua membeli bekal dan melindungi anak dari bahaya seks di luar pernikahan. Maka, jelaskan kepada anak tentang bagaimana mereka harus bersikap terhadap seks. Jelaskan norma-norma kesopanan dan agama. Khususnya untuk anak usia remaja yang sedang mencari kebebasan.

Jadilah pendengar yang baik

Ketika anak-anak mendekat dengan pertanyaan, cari tahu apa yang mereka pikirkan sebelum menjawab. Jika Anda tidak yakin apa yang anak pikirkan, Anda boleh berkata, "Katakan apa yang kamu pikirkan tentang itu."

(vin)

Baca Juga

Sebelum Idul Fitri Jangan Lupa Bayar Zakat Fitrah Ya

Sebelum Idul Fitri Jangan Lupa Bayar Zakat Fitrah Ya