Plesiran ke Lampung Wajib Jajal 3 Kuliner Khasnya

Plesiran ke Lampung Wajib Jajal 3 Kuliner Khasnya

Gulai taboh kuliner khas Lampung (Foto:Instagram)

DI dunia Internasional, Indonesia dikenal berkat keindahan alam serta keragaman budayanya. Namun, tak sedikit pula wisatawan yang terhipnotis akan kelezatan kuliner Nusantara.

Salah satu daerah yang memiliki segudang makanan unik dan menggugah selera adalah Lampung. Di tempat ini Anda dapat menemukan berbagai macam hidangan lezat, yang tidak akan Anda jumpai di daerah lain.

Nah, jika dalam waktu dekat ini Anda berencana mengunjungi Lampung, berikut 3 jenis makanan lokal yang wajib Anda cicipi, sebagaimana dirangkum Okezone dari berbagai sumber, Jumat (17/3/2017).

Tempoyak

 


Sama halnya dengan Medan dan beberapa daerah di Sumatera, Lampung juga termasuk sebagai salah satu produsen durian terbesar di Indonesia. Sehingga tidak mengherankan jika kota ini memiliki berbagai jenis olahan durian, termasuk tempoyak. Hidangan tersebut terbuat dari daging durian matang, lalu diolah dengan teknik fermentasi menggunakan campuran garam dan cabai rawit. Selain dijadikan sambal, tempoyak juga sering diolah menjadi gulai, pepes, dan hidangan lezat lainnya.

Gabing

 

Bagi Anda yang tinggal diluar Lampung mungkin masih asing dengan hidangan yang satu ini. Gabing merupakan kuliner khas Lampung yang terbuat dari batang kelapa muda. Sebelum diolah, batang kelapa tersebut diiris tipis-tipis, lalu direbus dengan campuran bumbu rempah-rempah. Sebagai pelengkap, warga Lampung biasanya menambahkan potongan daging dan jamur.

Gulai taboh

 


Dalam bahasa lokal, taboh berarti santan. Sesuai dengan fakta tersebut, sudah dapat ditebak bahwa salah satu bahan dasar makanan ini adalah santan kelapa. Untuk isiannya, gulai taboh diolah dengan campuran kacang-kacangan dan umbi-umbian seperti kacang merah, kacang panjang, kentang, ubi jalar, dan labu. Namun terkadang, ada pula yang menambahkan daging ikan, udang, atau daun melinjo.

(ndr)

Baca Juga

Masak Ikan Kudu-Kudu Goreng di Rumah, Simak Tipsnya Dulu

Masak Ikan Kudu-Kudu Goreng di Rumah, Simak Tipsnya Dulu