Ingin Travelling Beramai-ramai, Kenali Dulu Istilah Ini

Ingin Travelling Beramai-ramai, Kenali Dulu Istilah Ini

Ilustrasi Liburan (Foto: Shutterstock)

JIKA Anda lebih suka travelling beramai-ramai daripada hanya sendiri atau berdua, Anda harus tahu beberapa istilah model perjalanan seperti share cost, open trip, dan private trip.

Istilah-istilah tersebut pasti sering Anda temukan saat mencari paket perjalanan di media sosial atau dari sebaran teman. Tiga istilah tersebut masing-masing berbeda cara dan gayanya. Okezone akan bantu jabarkan perbedaannya.

"Share cost" adalah berbagi biaya untuk melakukan perjalanan ke tempat tertentu. Bisa dibilang ini ala backpacker atau independen. Trip ini bisa dibuat di antara lingkaran teman yang Anda kenal atau orang baru melalui forum-forum di internet.

Jika dalam share cost semua biaya perjalanan ditanggung bersama, "open trip" membebani setiap orang yang ingin ikut dalam trip biaya tertentu yang ditentukan oleh trip leader atau penyelenggara. Penyelenggara perjalanan ini biasanya juga akan mengambil keuntungan.

Seperti halnya share cost, traveller yang melakukan open trip biasanya belum saling kenal dan jumlah persertanya bisa lebih dari 5 orang hingga tidak terbatas. Jumlah peserta pastinya akan menentukan harga yang harus dikeluarkan setiap orang.

Tapi, dua model tersebut berbeda dengan "private trip". Ini biasa ditawarkan oleh travel agent atau tour leader yang hanya membuka trip dengan permintaan pelanggan. Trip tipe ini lebih mewah dari biasanya, karena pengikutnya tidak perlu pusing mengurusi semua keinginan travelling mereka.

(fid)

Baca Juga

HARI MERDEKA: 7 Destinasi Wisata untuk Mengenal Sejarah Indonesia, Toraja Salah Satunya

HARI MERDEKA: 7 Destinasi Wisata untuk Mengenal Sejarah Indonesia, Toraja Salah Satunya