Titik Terjadinya Fenomena Equinox di Indonesia

Titik Terjadinya Fenomena Equinox di Indonesia

Ilustrasi (foto: Antara)

PENEMPATAN Indonesia berdekatan dengan garis khatulistiwa membuat beberapa kawasan di Tanah Air mendapatkan dampak dari Equinox yakni ketika matahari melintasi garis ekuator.

Saat Equinox berlangsung, kawasan yang berada di garis khatulistiwa akan mengalami kepanasan suhu yang luar biasa. Dan, biasanya terjadi di setiap tanggal 20 Maret dan 20 September.

Kalimantan ternyata berlokasi di garis khatulistiwa dan setiap tahunnya menjadi langganan terkena dampak fenomena alam Equinox atau dikenal dengan titik musim semi matahari.

Saat ini, titik tersebut dialami di kawasan Kalimantan tepat pukul 11.00 - 14.00 WIB. Namun, selain Kalimantan, Equinox juga melintasi kawasan Sumatera Barat, dan yang patut diwaspadai adalah kawasan pantai.

Pada saat perubahan cuaca seperti ini, angin laut akan sangat kencang sekali dan air laut akan lebih tinggi 3-5 meter. Selain itu, volume hujan juga akan meningkat ketika matahari melintasi garis khatulistiwa.

Namun, belum ada tanda-tanda jika beberapa lokasi wisata ditutup, dan masyarakat pun belum gembar-gembor terhadap fenomena tersebut. Begitulah pantauan dari Okezone.

(fid)

Baca Juga

Rayakan Hari Filateli, Berburu Perangko ke Bandung <i>Aja!</i>

Rayakan Hari Filateli, Berburu Perangko ke Bandung Aja!