Bindeng saat Pilek, Penjelasan Medisnya Ternyata...

Bindeng saat Pilek, Penjelasan Medisnya Ternyata...

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SEBETULNYA suara bindeng tidak hanya didapat ketika pilek saja, namun ketika pergi ke dataran yang agak tinggi atau sedang naik pesawat pun kita akan mengalami suara bindeng. Tapi, karena suara bindeng lebih umum dirasakan ketika pilek, yuk simak penyebab bindeng serta penjelasan lainnya di bawah ini.

Bagaimana bisa terjadi suara bindeng saat pilek?

Suara bindeng akibat pilek terjadi karena udara di luar lebih rendah tekanannya, daripada di dalam. Dengan begitu, udara dari tubuh akan menekan keluar, tetapi keluarnya melalui telinga. Jika kondisinya seperti itu, saluran eustachius akan berusaha menyeimbangkan tekanan di dalam dan luar telinga, dan akan membuat ruang kosong pada salurannya. Fungsi saluran kosong tersebut, yaitu agar sistem tubuh yang lain tetap seimbang fungsinya (agar tidak pingsan tiba-tiba).

Suara bindeng akan berasal dari ruang kosong di telinga, saluran eustachius akan menahan keseimbangan dari tenggorokan dan hidung juga. Tidak jarang suara bindeng menjadi aneh atau sengau sendiri jika kita berbicara ataupun menyanyi saat pilek.

Ada dua jenis suara bindeng yang berbeda penyebabnya

Suara bindeng bisa dipisah menjadi dua bagian yang berbeda jenis dan penyebabnya:

Bindeng hiper atau oklusa: Bindeng ini merupakan bindeng yang normal dan bisa sembuh dengan sendirinya. Penyebabnya antara lain pilek, alergi, berada di dataran tinggi, sinusitis, atau ada sumbatan lain(polip atau tumor misalnya).

Bindeng hipo atau aperta: Bindeng ini disebabkan karena adanya kerusakan permanen (bawaan dari lahir juga bisa). Kelumpuhan anotomis atau rusaknya organ hidung dan mulut juga turut memengaruhi terjadinya bindeng aperta.

Bagaimana meredakan suara bindeng saat pilek?

Berikut adalah beberapa cara untuk mengobati suara bindeng akibat pilek yang bisa Anda coba:

  • Buang ingus Anda.
  • Minum obat batuk berdahak.
  • Minum dekongestan. Obat dekongestan bekerja dengan mengurangi pembengkakan selaput lendir, meskipun efeknya mungkin tidak terlalu cepat. 
(ran)

Baca Juga

Tubuh Tetap Fit saat Terjebak Macet? Lakukan Ini

Tubuh Tetap Fit saat Terjebak Macet? Lakukan Ini