Bawa Cooler Bag untuk Simpan ASI Perah Bisa Cegah Terjadinya Mastitis

Bawa Cooler Bag untuk Simpan ASI Perah Bisa Cegah Terjadinya Mastitis

Ilustrasi (Foto: Pumponthego)

IBU menyusui paling takut dengan terjadinya mastitis yang sangat menyakitkan. Apalagi bagi mereka yang berpisah dengan si kecil selama beberapa jam karena harus bekerja.

Dijelaskan Konselor Laktasi dr Wiyarni Pambudi SpA, IBCLC, mastitis terjadi akibat pengosongan payudara yang kurang tepat. Padahal Anda bisa memerah ASI di mana saja dan disimpan di tempat dingin.

"Mastitis itu berupa infeksi, sehingga terjadi pengumpulan nanah. Awalnya peradangan karena pengosongan payudara yang tidak tuntas," terang dr Wi saat ditemui di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, baru-baru ini.

Selain itu, tambah dr Wi, mastitis dapat terjadi akibat salah posisi saat menyusui si kecil. Pelekatan yang tidak tepat ini juga membuat bayi mengalami gangguan pencernaan lho.

Dia menyarankan, agar ibu dapat membawa kontainer atau cooler bag untuk menyimpan ASI perah. Saat ASI terasa penuh, segera perah untuk mencegah terjadinya mastitis.

"Perah ASI dua jam sekali agar pengosongan payudara tepat. Lalu simpan di tempat yang memadai kalau mau cegah mastitis," tambahnya.

Tidak cuma mencegah mastitis, rajin memerah juga menjadikan produksi ASI melimpah. Sehingga, ibu tak perlu khawatir kekurangan memberikan makanan pada bayi saat ditinggal bekerja atau pergi tanpa mengajak si kecil.

(hel)

Baca Juga

Tantra, Seks Kuno yang <i>Bikin</i> Hubungan Intim Tahan Lama

Tantra, Seks Kuno yang Bikin Hubungan Intim Tahan Lama