Keramas Bisa Picu Sakit Kepala, Kok Bisa?

Keramas Bisa Picu Sakit Kepala, Kok Bisa?

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

ADA beberapa alasan mengapa keramas justru membuat Anda pening, migrain, atau sakit kepala. Simak penjelasan di bawah ini untuk mencari tahu jawabannya.

Seperti apa sakit kepala yang muncul setelah keramas?

Pada umumnya sakit kepala muncul 15 sampai 60 menit setelah Anda keramas tanpa mengeringkan rambut. Pada beberapa orang, sakit kepala mungkin akan terus terasa selama berjam-jam setelahnya. Ada yang sakit kepalanya hanya muncul setelah keramas dengan air dingin, tapi ada juga yang akan tetap sakit kepala terlepas dari suhu air saat keramas. 

Apa penyebab sakit kepala setelah keramas?

Para pakar kesehatan dan saraf di seluruh dunia masih terus mempelajari bagaimana tepatnya keramas menyebabkan sakit kepala. Pasalnya, setiap orang memang bisa memiliki pemicu sakit kepala atau migrain yang berbeda-beda, tanpa alasan yang jelas. Namun, sejauh ini para ahli menyimpulkan bahwa kedua hal berikut ini bisa mengundang nyeri kepala setelah mencuci rambut.

1. Rambut basah

Sebuah penelitian di India dalam jurnal Annals of Indian Academy of Neurology menunjukkan bahwa sejumlah 14,5% dari seluruh peserta penelitian melaporkan sakit kepala atau migrain setelah mencuci rambut mereka. Dari penelitian tersebut, dilihat bahwa kondisi rambut yang lembap menjadi penyebab munculnya sakit kepala.

2. Wangi sampo yang menyengat

Ketika mencium wangi yang kuat, bagian-bagian otak yang mengatur rasa sakit diaktifkan sehingga muncul rasa nyeri atau migrain hebat di kepala Anda.

3. Suhu air terlalu dingin

Ketika terpapar air dengan suhu yang sangat dingin, otak mengira bahwa tubuh sedang diserang hipotermia (radang dingin). Akibatnya, muncul gejala yaitu pusing, sakit kepala, atau mual.

Haruskah saya ke dokter?

Biasanya sakit kepala setelah keramas tidak membutuhkan penanganan dokter atau tenaga medis tertentu. Akan tetapi, jika kondisi ini sering atau hampir selalu terjadi pada Anda setelah keramas, hubungi dokter Anda.

(ran)

Baca Juga

Jangan Langsung <i>Ngopi</i> Usai Minum Obat, Bahayanya Picu Aritmia Jantung

Jangan Langsung Ngopi Usai Minum Obat, Bahayanya Picu Aritmia Jantung