Mengurangi Stres Jangan Makan Cokelat, tapi Sayur dan Buah!

Mengurangi Stres Jangan Makan Cokelat, tapi Sayur dan Buah!

Ilustrasi (Foto: Express)

ADA beragam cara untuk meredakan stres yang melanda, mulai dari mendengarkan musik sampai melakukan aktivitas fisik. Tidak hanya itu, sayuran juga berkemampuan meredakan stres lho.

Dikatakan oleh Dr Melody Ding, of the University of Sydney's School of Public Health, ternyata ada kaitan erat antara pola makan diet dengan kesehatan mental seseorang. Ia melakukan studi berkaitan dengan ini.

"Studi menunjukkan, ada kaitan erat antara konsumsi sayuran dan buah dengan penurunan stres psikologis," jelas dr Ding, seperti dikutip dari Express, Senin (20/3/2017).

Penelitian pun menemukan, orang yang berusia 45 tahun ke atas dengan konsumsi buah dan sayur secara reguler, mampu membuat mereka tetap aktif dan terhindar dari kemungkinan penyakit yang menyerang.

Sementara itu, peneliti Inggris mengungkapkan bahwa konsumsi sayur dan buah dapat mengurangi risiko serangan jantung, kanker, dan stroke. Konsumsi wortel, selada, pisang, apel, jeruk, dan lainnya juga dipercaya mengurangi beban stres tiap orang.

Rata-rata, pria dan wanita, mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut setidaknya lima sampai tujuh porsi dapat menekan stres hingga 14 persen.

Pada wanita yang mengonsumsi tiga sampai empat porsi sayuran dan buah-buahan dalam satu hari mampu mereduksi stres hingga 18 persen. Bila porsinya ditambahkan lima sampai tujuh porsi dapat mengurangi stres hingga 23 persen.

Setelah mengetahui hal ini, setidaknya Anda bisa melegakan stres Anda dengan cara yang sehat bukan, ketimbang makan banyak cokelat.

(hel)

Baca Juga

Jangan Langsung <i>Ngopi</i> Usai Minum Obat, Bahayanya Picu Aritmia Jantung

Jangan Langsung Ngopi Usai Minum Obat, Bahayanya Picu Aritmia Jantung