Perhatian Moms, Ini Makanan yang Harus Dihindari Selama Menyusui

Perhatian Moms, Ini Makanan yang Harus Dihindari Selama Menyusui

Ilustrasi (Foto: Mirror)

ASI menjadi bagian terpenting bagi asupan bayi. Pasalnya, ASI berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi. Agar bayi bertumbuh dengan sempurna, ada beberapa makanan yang sebaiknya para ibu hindari untuk sementara dalam masa menyusui.

Secara umum terdapat dua asupan yang perlu ibu hindari, yakni alkohol dan ikan. Alkohol yang mengontaminasi ASI dapat memberi pengaruh perkembangan neurologis bayi.

Sementara tu, ikan, termasuk tuna kaleng, perlu dhindari atau dimoderasi. Anda tidak boleh mengonsumsinya dua porsi dalam seminggu. Rata-rata ikan mengandung merkuri yang berpengaruh negatif terhadap perkembangan otak bayi.

Ketika Anda atau keluarga alergi terhadap suatu makanan, sebaiknya hindari konsumsi telur, kacang tanah, kedelai, gandum, jagung, dan susu. Makanan ini dapat menyebabkan iritasi, ketidaknyamanan, gas, hingga iritasi pada usus bayi.

Anda perlu menghindari minuman yang mengandung kafein, misalnya kopi, teh, dan cokelat. Hindari juga makanan yang mengandung gas, seperti paprikapedas, brokoli, dan bawang putih.

Perlu para ibu ketahui, beberapa tumbuhan seperti pepppermint dan peterseli dapat mengurangi pasokan ASI dalam jumlah besar lho.

Setelah mengetahui hal ini, Anda sebaiknya perlu berkonsultasi ke dokter mengenai makanan yang perlu dikonsumsi untuk memberi nutrisi bayi pada ASI yang dikeluarkan. Jadi, berhati-hati ya Moms dalam memilih dan mengonsumsi makanan. Demikian dilansir dari laman Parents, Senin (20/3/2017).

(hel)

Baca Juga

Aroma Kelamin Bangkitkan Gairah Seks Pasutri

Aroma Kelamin Bangkitkan Gairah Seks Pasutri