Keluarga Indonesia Tak Terbiasa Minum Susu Setiap Hari, Waduh Kenapa Ya?

Keluarga Indonesia Tak Terbiasa Minum Susu Setiap Hari, Waduh Kenapa Ya?

Ilustrasi (Foto: Medicalnewstoday)

TIDAK semua keluarga di Indonesia menerapkan kebiasaan minum susu bersama setiap hari. Berdasarkan studi, orang Indonesia hanya minum susu hingga 12 liter dalam setahun. Waduh kenapa ya?

Ketua PERGIZI Pangan Prof Dr Hardinsyah, MS mengatakan, dibanding dengan negara lain, keluarga di Indonesia hanya minum susu 12 liter setahun per orangnya. Kebiasaan baik ini tampak masih diabaikan banyak orang, padahal manfaatnya jelas sehat.

"Memang enggak ada studi khusus di Indonesia ini kenapa kebiasaan minum susunya rendah. Tapi dampaknya terjadi pada masalah gizi, seperti anak bisa mengalami stunting karena kurang minum susu," ungkapnya di sela paparan Kampanye Saatnya Keluarga Minum Susu Sekarang!, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (20/3/2017).

Lebih lanjut, menuru Prof Hardinsyah, beberapa negara berkembang selain Indonesia juga sangat kurang memiliki kebiasaan minum susu, Beberapa alasannya karena minimnya produk hewani, yakni sulit makan ikan, daging, bahkan susu.

Ditarik kesimpulan oleh Prof Hardinsyah, orang Indonesia kira-kira hanya minum tiga sendok makan susu setiap hari. Dampaknya sangat buruk, terutama bagi anak-anak.

Begitu juga faktornya, kondisi ekonomi yang rendah menjadi penyebab orang Indonesia tak terbiasa minum susu. Seharusnya hal ini tidak terjadi, setidaknya pemerintah menyediakan susu agar orang bisa kapan saja mengonsumsinya.

"Faktor ekonomi yang rendah jadi pemicu orang enggak terbiasa minum susu. Harusnya pemerintah menyediakan agar semua orang banyak minum susu dan memulai perilaku sehat," pangkasnya.

(hel)

Baca Juga

6 Kesalahan yang Dilakukan Wanita saat Hamil, Tidak Pakai Sabuk Pengaman saat di Mobil Salah Satunya!

6 Kesalahan yang Dilakukan Wanita saat Hamil, Tidak Pakai Sabuk Pengaman saat di Mobil Salah Satunya!