Solusi untuk Orangtua jika Anak Berlebihan Minum Susu

Solusi untuk Orangtua jika Anak Berlebihan Minum Susu

Ilustrasi (Foto: Fairlife)

ANAK-anak ada yang tidak suka minum susu atau sebaliknya malah berlebihan minum susu. Apa bahayanya dan solusi apa yang harus dilakukan orangtua?

Ketua PERGIZI Pangan Prof Dr Hardinsyah, MS mengatakan, diet itu harus seimbang. Anak-anak harus minum susu cukup dua kali sehari untuk emmenuhi kebutuhan gizinya.

"Lagi-lagi harus diet balance itu penting. Anak-anak minum susu manfaatnya dapat meningkatkan kecerdasan. Dalam tumbuh kembangnya susu itu penting dikonsumsi," ujar Prof Hardinsyah saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin 20 Maret 2017.

Susu mengandung vitamin, mineral, asam lemak omega-3. hingga kalsium yang dapat mendukung tumbuh kembangnya. Anak-anak memang wajib mendapatkan nutrisi ini, tetapi tidak boleh berlebihan tentunya.

Sementara itu, Psikolog Roslina Verauli MPSi menambahkan, orangtua harus berperilaku bijak saat tahu anaknya terlalu banyak mengonsumsi susu. Keetahui perilaku anak agar tak membuatnya menjadi traumatis saat dilarang minum susu.

"Anak-anak enggak bisa dilarang minum susu. Hanya saja, di meja makan ibu atau ayahnya jangan menyajikan lagi susu untuk diminum. Bisa Anda menggantinya dengan air putih atau jus buah misalnya," tambah Vera.

Meskipun, ritual minum susu dapat diharapkan sebagai cara untuk memulai gaya hidup sehat pada masing-masing anggota keluarga. Kegiatan ini pun membangkitkan emosional positif dan mengakrabkan sesama anggota keluarga.

(hel)

Baca Juga

Perbedaan Gumoh dan Muntah pada Bayi yang Harus Ibu Tahu

Perbedaan Gumoh dan Muntah pada Bayi yang Harus Ibu Tahu