Cuci Langsung dengan Tangan, Cara Tepat Mencuci Scarf Berbahan Sutra

Cuci Langsung dengan Tangan, Cara Tepat Mencuci Scarf Berbahan Sutra

Syal yang dicuci dengan tangan (foto: thehijabee)

APAPUN yang dibuat dari material bahan sutra alias silk memang membutuhkan perhatian khusus dalam perawatannya.

Termasuk salah satunya adalah silk scarf, yang walaupun notabene biasanya hadir dengan ukuran kecil dan sedang. Tidak ubahnya busana berbahan sutra, scarf sutra pun harus dicuci dengan tepat dan tidak dilakukan sembarangan. Lalu sebetulnya bagaimana cara mencuci silk scarf yang tepat?

Seperti dilansir Slowfactory, Selasa (21/3/2017), disebutkan bahwa pencucian silk scarf yang paling tepat ialah langsung mencucinya dengan tangan alias tidak memasukkannya ke dalam mesin pencuci, dan sabun yang digunakan juga haruslah sabun pencuci yang tidak mengandung zat klorin dan pemutih karena klorin sesungguhnya dapat merusak material protein fiber dalam kain sutra tersebut, sebaiknya gunakan sabun alami atau baby soap.

Air yang dipakai pun harus bersuhu dingin, sewaktu mencuci sebaiknya tidak merendam scarf terlalu lama karena silk scarf hanya perlu direndam selama beberapa menit atau sebentar saja. Untuk mengeluarkan sisa-sisa air yang masih ada dalam scarf, hindari metode memeras dengan menggulung-gulung dan menarik-menarik scarf. Keluarkan sisa-sisa air dalam scarf dengan cara di-rolling memakai handuk.

Sedangkan untuk metode pengeringan, hindari menjemur silk scarf Anda langsung di bawah paparan sinar matahari. Karena sinar UV dari matahari dapat merusak serat-serat kain.

(slv)

Baca Juga

Ini Lho Sumber Vitamin E yang Baik untuk Kecantikan Kulit

Ini Lho Sumber Vitamin E yang Baik untuk Kecantikan Kulit