Hukuman Penjara dan Kebiri Tak Membuat Jera Predator Seks! Coba dengan Cara Ini

Hukuman Penjara dan Kebiri Tak Membuat Jera Predator Seks! Coba dengan Cara Ini

Ilustrasi kekerasan pada anak (Foto: Huffingtonpost)

HEBOH kasus group pedofil online membuat masyarakat geram. Berbagai hukuman pun dilayangkan publik kepada pihak berwajib agar pelaku jera dan membuat orang lain takut melakukannya.

Namun, Sosiolog, Musni Umar mengatakan, hukuman penjara, kebiri atau sanksi sosial tidak menjamin pelaku sembuh dari penyakit kelainan mental tersebut. Satu-satunya obat yang paling ampuh menyembuhkan adalah mengupayakan pelaku menjadi manusia baru.

"Mereka harus masuk ke camp-camp motivasi. Jadi, di sana mereka dirangkul, diperhatikan, diberi kasih sayang, dan didengarkan," ujar Musni saat berkunjung ke Kantor Redaksi Okezone di Gedung Inews Jakarta Pusat, belum lama ini.

Setelah mereka merasa dicintai dan tidak dikucilkan, mareka mudah menerima motivasi, nasihat, dan mengubah pola pikir. Sebab, adanya perbuatan pedofil itu karena mereka ada dipemikiran yang keliru tentang aturan hidup.

"Mindset diubah, mental di bangun, spiritual didukung. Sehingga, mereka lahir menjadi manusia baru lagi. Bimbing menjadi orang yang lebih baik, dan menjalani kehidupan yang wajar sesuai aturan yang berlaku," sambungnya.

Ia menambahkan, membangun nilai-nilai moral itu sangat penting karena menyelamatkan generasi bangsa. Sebagai orang yang 'sehat' kita harus merangkul mereka. Pelaku pedofil adalah orang kebingungan. Mereka melakukan itu karena ada di lingkungan yang salah atau pernah menjadi korban sehingga menyimpan trauma yang kemudian merusak cara berpikir.

(vin)

Baca Juga

Bingung Pilih Buku untuk Anak di Pameran? Ikuti Petunjuk Ini

Bingung Pilih Buku untuk Anak di Pameran? Ikuti Petunjuk Ini