Mau Sambal Makin Makyus? Tambahkan 5 Bahan Pelengkap Ini

Mau Sambal Makin Makyus? Tambahkan 5 Bahan Pelengkap Ini

Tips agar sambal makin maknyus (Foto:Ayysa)

 

TERNYATA tak cuma cabai yang harus diperhatikan, untuk membuat sambal juga perlu bahan pelengkap supaya rasanya makin sedap. Sebut saja tomat, terasi hingga bawang dan pelengkap lainnya.

Apa saja bahan pelengkap yang tak kalah pentingnya dari cabai? Dikutip dari buku Koleksi Resep Sambal dan Saus karya Budi Sutomo, Selasa (21/3/2017) berikut beberapa bahan pelengkap yang bikin sambal makin mantap.

Bawang putih

Ada dua pilihan bawang putih yang biasa digunakan sebagai pelengkap sambal. Bawang putih segar yang dapat memberi aroma khas menggugah selera dan juga bawang putih bubuk untuk memperkuat rasa. Keduanya bisa jadi pilihan, asal digunakan dengan takaran yang pas maka cita rasa sambal dijamin akan semakin nikmat.

Bawang merah

Bawang merah bisa dikatakan sebagai bahan dasar untuk hampir semua sambal dan bumbu khas Indonesia. Penggunaan bawang merah bisa ditambahkan dengan berbagai cara misalnya dihaluskan, diiris atau bahkan digoreng kering sebagai taburan sambal.

Daun bawang

Tidak terbatas hanya bagian bawangnya saja, bagian daunnya juga kerap dicampurkan untuk jadi pelengkap sambal. Penggunaan daun bawang pda sambal bisa diiris halus untuk menambah aroma harum pada sambal. Misalnya pada sambal bawang khas Aceh hingga lauk yang dimasak bersama sambal dan menggunakan daun bawang.

Batang bawang

Mirip seperti daun bawang, batang bawang digunakan sebagai tambahan untuk memaksimalkan aroma sambal. Biasanya batang bawang hanya dimemarkan atau dipotong kasar. Tidak semua jenis sambal menggunakan batang bawang.

Tomat

Dalam pembuatan sambal, tomat menyumbang rasa asam segar dan juga cairan yang cukup banyak. Jumlah penggunaan tomat dalam sambal tidak terlalu banyak karena sambal akan menjadi terlalu berair. Tomat yang kerap digunakan adalah tomat merah dan tomat hijau.

(ndr)

Baca Juga

Berapa Lama Sebaiknya Keju Disimpan dalam Kulkas & Aman Dikonsumsi? Kenali Jenis Kejunya Dulu

Berapa Lama Sebaiknya Keju Disimpan dalam Kulkas & Aman Dikonsumsi? Kenali Jenis Kejunya Dulu