Kue Beras Tidak Hanya dari Korea Loh, Indonesia & China Juga Punya

Kue Beras Tidak Hanya dari Korea Loh, Indonesia & China Juga Punya

Ketupat kue beras khas Indonesia (Foto:Commons)

MESKI berasal dari Korea Selatan, ketenaran kue beras ternyata telah meluas di sejumlah negara khususnya di kawasan Asia. Di Indonesia, kue beras umumnya diolah dengan dua rasa berbeda yakni, gurih dan manis.

Daripada penasaran, yuk simak beberapa jenis kue beras (rice cake) yang ada di sejumlah negara, sebagaimana dilansir Okezone dari berbagai sumber.

China

 

Di China, kue beras umumnya diolah menggunakan tepung atau beras ketan. Variannya pun cukup beragam, mulai dari nian gao, tangyuan, dan erkuai. Khusus untuk tangyuan, kue beras yang satu ini diolah dengan cara merebusnya pada air mendidih, lalu di sajikan dengan kuah hangat.

Korea Selatan

 

Kue beras merupakan salah satu makanan tradisional tertua yang ada di Negeri Gingseng Korea. Mereka menyebutnya dengan nama tteok. Hidangan ini terdiri dari 2 jenis varian. Untuk yang bercita rasa gurih (tteok soup) biasanya disajikan pada malam Tahan Baru. Sementara itu, tteok bercita rasa manis kerap disajikan pada acara pernikahan.

Jepang

Menurut sejarah, kue beras pertama kali diperkenalkan pada Masa Yayoi. Seiring berjalannya waktu, kue ini mengalami evolusi dan terciptalah sebuah olahan bercita rasa manis yakni, wagashi. Kudapan tersebut biasanya disuguhkan pada upacara minum teh. Selain wagashi, Jepang juga memiliki beberapa varian kue beras yang tidak asing lagi di telinga kita. Salah satunya adalah mochi.

Indonesia

 

Tidak hanya Korea, China, dan Jepang, Indonesia juga memiliki beragam variasi kue beras yang tak kalah lezatnya. Mulai dari lontong, kue lupis, ketupat, lemper, klepon dan nagasari, merupakan beberapa contoh kue beras khas Tanah Air. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri sesuai dengan daerah asalnya.

(ndr)

Baca Juga

RESEP NENEK: Udara Dingin Enaknya <i>Ngemut</i> Permen Jahe, Mumpung Libur Bikin Sendiri <i>Yuk</i>

RESEP NENEK: Udara Dingin Enaknya Ngemut Permen Jahe, Mumpung Libur Bikin Sendiri Yuk