Fakta Mengejutkan Mengenai Fenomena Equinox

Fakta Mengejutkan Mengenai Fenomena Equinox

Ilustrasi Equinox (foto: Antara)

FENOMENA Equinox di Indonesia dikabarkan akan terjadi hari ini dan menerpa kawasan yang dekat dengan garis khatulistiwa. Namun, ini tidak perlu khawatirkan sebab tidak berbahaya.

Sebab, panas matahari tidak akan seterik Afrika ketika matahari melewati garis khatulistiwa. Selain itu, Equinox merupakan tanda datangnya musim semi atau di Indonesia musim kemarau dan kabar baik untuk petani di Tanah Air.

Untuk lebih jelasnya, intip yuk fakta unik dari Equinox sebagaimana dikutip dari telegraph, Selasa (21/3/2017).

Mengapa disebut dengan Equinox?

Ini dikarenakan, pada saat peristiwa Equinox malam dan siang akan sama-sama memiliki waktu 12 jam. Dalam bahas latin equinox bermakna malam imbang.

Fenomena ini biasa terjadi selama dua kali dalam setahun. Pertama ketika bulan Maret saat perubahan musim semi dan kedua saat September ketika perubahan ke musim dingin.

Apa Yang Terjadi saat Equinox?

Posisi bumi saat kejadian ini berada di sudut 23,5 derajat dan memutar orbit matahari. Sehingga, bentuk bumi seperti kapsul.

Equinox terjadi dalam waktu bersamaan di seluruh dunia

Equinox membutuhkan momen pasti sepanjang garis khatulistiwa, dari selatan hingga utara. Pada masa ini inti bumi jauh dari matahari. Dan, di tahun 2017 kejadian akan terjadi pukul 11 siang sampai 2 siang hari.

(fid)
TAG : fakta fenomena

Baca Juga

OBAMA DI JOGJA: Obama Bakal ke Candi Prambanan, Kira-Kira <i>Ngapain</i> Saja Ya?

OBAMA DI JOGJA: Obama Bakal ke Candi Prambanan, Kira-Kira Ngapain Saja Ya?