Wah Ada Masjid Kapal Nabi Nuh di Semarang Lho

Wah Ada Masjid Kapal Nabi Nuh di Semarang Lho

Masjid Kapal Nabi Nuh (foto: Kementrian Pariwisata)

SEMARANG di Jawa Tengah selama ini dikenal sebagai kota sejarah karena banyaknya bangunan bersejarah zaman kolonial Belanda, Lawang Sewu misalnya. Namun kini, ada wisata baru yang unik ialah Masjid Kapal Nabi Nuh.

Ya, dinamakan Masjid Kapal Nabi Nuh karena bangunan menyerupai sebuah kapal yang sangat besar, seperti gambaran cerita kapal Nabi Nuh yang membantu umatnya ketika diterjang banjir.

Masjid tersebut berada di Jln Kyai Padak RT 5/RW 5, Kelurahan Podorejo kecamatan Ngaliyan kota Semarang, Jawa Tengah. Sekira 15 kilometer dari bandara A Yani. Dari bundaran Kalibanteng ke arah barat melewati UIN Semarang menuju BSB belok ke kanan.

Dari sana Anda bisa menemukan bangunan seluas 2.500 meter persegi. Di mana bangunan memiliki tiga lantai di antaranya lantai pertama ruang pertemuan, lantai dua untuk masjid, dan lantai tiga untuk aktifitas mengajar dan balai kerja.

"Jadi sambil mengingat sejarah, untuk kembali mengajak mengingat Tuhan, maka dibuatlah masjid ini. Proses pembangunan sudah 90 persen," ujar Hussein yang memantau proyek pembangunan.

Kyai Achmad sebagai pemilik masjid membuat bangunan tersebut untuk membuat warga semakin afdol dalam sembahyang dan mengingat sejarah perjuangam Nabi Nuh. Selain itu, masjid juga bisa digunakan secara gratis untuk hajatan, pertemuan atau resepsi peenikahan.

"Jadi nanti bangunan kapal memiliki enam pintu utama di samping kanan dan kiri dan memiliki 74 bendera berbentuk bulat, digambar oleh seorang arsitek," katanya.

Untuk membuatnya seperti kapal sungguhan, nantinya juga akan dibuat kolam sekitar area kapal sehingga menggambarkan kapal seperti berada di lautan. Keunikan dari bangunan ini juga sudah tren di kalangan warga dengan banyak selfie dan kunjungan ke masjid tersebut.

"Tiga lantai semua bagus arsiteknya, semoga Islam bisa berkembang disini dengan bagus," ujar Widya Sari (19), mahasiswi salah satu akademi kesehatan di Semarang juga mendatangi masjid kapal.

(fid)
TAG : Semarang

Baca Juga

HARI MERDEKA: Berbahaya, TNBTS Larang Upacara Agustusan di Puncak Semeru

HARI MERDEKA: Berbahaya, TNBTS Larang Upacara Agustusan di Puncak Semeru