Berbagai Risiko Penyakit dari Bagian Tubuh yang Gemuk

Berbagai Risiko Penyakit dari Bagian Tubuh yang Gemuk

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BANYAK orang yang tidak menyadari, mungkin Anda termasuk salah satunya, mereka mempunyai banyak lemak di dalam tubuhnya dan menyebabkan berbagai potensi penyakit kronis. Malahan setiap bagian tubuh yang menimbun banyak lemak, mempunyai arti sendiri dan dapat menimbulkan penyakit tertentu. Lalu bagian tubuh mana saja yang mungkin menjadi tanda dari suatu penyakit tertentu?

1. Banyak lemak di pinggang dan perut, artinya Anda berpeluang tinggi mengalami penyakit jantung

Para peneliti dari Cambridge University melakukan 10 tahun penelitian pada 220 ribu orang dan menemukan bahwa lemak yang menumpuk di bagian pinggang bisa meningkatkan risiko serangan jantung di masa yang akan datang. Hampir sama dengan penelitian sebelumnya, penelitian yang berasal dari Harvard School of Public Health menunjukkan jika seseorang punya banyak lemak di pinggang memungkinkan ia mengalami sindrom kaki gelisah dan gangguan tidur.

2. Punya bokong dan pinggul yang besar? Hati-hati terkena diabetes

Lemak yang menumpuk pada bagian tubuh ini membuat Anda berpotensi untuk mengalami diabetes dan penyakit jantung. Para ahli dari Oxford University menyatakan bahwa asam lemak yang didapatkan dari makanan cenderung menumpuk di bagian bawah tubuh seperti panggul dan bokong. Asam lemak yang menumpuk ini yang membuat Anda berisiko tinggi untuk mengalami peradangan organ tubuh. Peradangan organ tersebut menimbulkan berbagai penyakit degeneratif.

3. Serangan jantung bisa terjadi pada orang yang punya banyak lemak di bagian paha dan betis

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2800 orang dewasa selama kurun waktu sekitar 12,5 tahun, menyatakan bahwa orang yang punya paha dan betis yang besar berpeluang untuk mengalami serangan jantung dan kematian dini.

4. Ingin mempunyai payudara besar? Coba pikir-pikir dulu lagi

Dari hasil studi yang berasal dari Harvard Unversity dan University of Toronto yang melibatkan 92 ribu wanita, menunjukkan semakin besar ukuran payudara seorang wanita, semakin tinggi juga peluangnya untuk mengalami penyakit diabetes tipe 2 di kemudian hari.

5. Waspada jika pergelangan kaki terlihat gemuk

Apakah pergelangan kaki Anda terlihat besar dan gemuk? Meskipun pergelangan kaki yang gemuk bisa diakibatkan oleh penumpukan lemak, tetapi sering kali orang tidak sadar bahwa pergelangan kakinya mengalami pembengkakan bukan karena darah yang menggumpal, tetapi akibat cairan tubuh yang keluar dari pembuluh darah. Penggumpalan cairan atau yang biasa disebut dengan edema ini menandakan bahwa Anda mengalami gangguan fungsi hati, ginjal, atau jantung yang serius.

(ran)
TAG : penyakit

Baca Juga

Ciri-Ciri Anda Kena Diabetes, Segera Periksa ke Dokter!

Ciri-Ciri Anda Kena Diabetes, Segera Periksa ke Dokter!