Ingat Nih! 3 Hal Ini Buat Jerawat Meradang

Ingat Nih! 3 Hal Ini Buat Jerawat Meradang

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

TERKADANG jerawat yang kecil dan muncul sesekali saja akan hilang sendiri dan tidak terlalu mengganggu. Namun jika jerawat meradang dan tak hilang-hilang setelah seminggu, biasanya setelah sembuh pun akan meninggalkan bekas.

Apa penyebab jerawat meradang?

Meskipun beberapa ahli belum mengetahuinya secara pasti, beberapa faktor berikut dipercaya dapat menyebabkan jerawat meradang:

1. Hormon dan keringat

Perubahan hormon dalam tubuh adalah kondisi yang paling sering menyebabkan jerawat meradang, karena hormon menyebabkan peningkatan produksi minyak dan mengerasnya sel kulit, yang akan memicu terjadinya penyumbatan dalam mengeluarkan kulit mati dan minyak dari pori-pori.

2. Penggunaan kosmetik yang tidak benar saat berjerawat

Kandungan yang dimiliki perawatan wajah tertentu, seperti lanolin dan minyak, dapat menutup pori-pori pada kulit Anda dan menghalangi keluarnya minyak yang dihasilkan kulit, beserta dengan kulit mati yang dibawanya. Penumpukan minyak dan kulit mati ini dapat menyebabkan jerawat meradang.

3. Faktor genetik

Dilansir dari News Medical, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa beberapa anak sekolah memiliki kulit berjerawat yang diturunkan dari orangtuanya. Riwayat pada keluarga yang memiliki jerawat mengalami peradangan, akan meningkatkan peluang keturunan mereka mengalami kondisi yang sama.

Bagaimana mengatasi jerawat meradang?

Anda juga dapat menangani jerawat yang meradang ini dengan beberapa cara, seperti:

Penguapan

Uap yang berasal dari mangkuk yang berisi air panas dapat membantu Anda membersihkan kulit Anda dan mengeringkan jerawat yang meradang. Uap yang mengenai kulit Anda ini akan membuka pori-pori kulit dan membantu dalam membersihkan kulit yang kotor.

Minyak pohon teh (tea tree oil)

Mengolesi jerawat yang meradang Anda setelah lebih dulu membersihkan kulit tersebut dengan campuran minyak pohon teh dan air dapat menjadi alternatif solusi jerawat meradang Anda.

(ran)

Baca Juga

5 Tipe Orang seperti Ini Tidak Disarankan Menyetir Perjalanan Jauh

5 Tipe Orang seperti Ini Tidak Disarankan Menyetir Perjalanan Jauh