Mencegah Bayi Lahir Cacat, Ibu Hamil Harus Hindari Paparan Rokok

Mencegah Bayi Lahir Cacat, Ibu Hamil Harus Hindari Paparan Rokok

Ilustrasi (Foto: Geniuspregnancy)

AGAR tak melahirkan bayi cacat, seorang ibu hamil harus mempersiapkan diri dan bertanggung jawab untuk memelihara anak. Salah satunya yaitu dengan menghindari paparan bahan kimiawi dan rokok semasa hamil.

Spesialis Obstetri dan Ginekologi dari Siloam Asri Jakarta dr Achmad Mediana, SpOG mengatakan, orangtua harus mempersiapkan kelahiran anak dengan sempurna. Perencanaan kehamilan harus matang secara fisik maupun mental.

"Suami maupun istri memiliki tanggung jawab untuk sama-sama membuat pembuahan menjadi lebih berkualitas,” katanya kepada Okezone di Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Selama hamil, dr Achmad meminta agar pasangan suami istri untuk berhenti merokok, minum alkohol, dan menjauhi minuman berkafein. Ini harus dilakukan minimal tiga bulan sebelum berencana hamil.

Ketiga hal itu, menurut dr Achmad, dapat menyebabkan gangguan pembuluh darah menjadi tidak elastis. Selain itu, jika aliran oksigen tidak lancar, akan sangat memengaruhi tumbuh kembang janin.

"Janin tidak akan mendapat pasokan oksigen dan zat makanan dalam jumlah cukup," tambahnya.

Pada kesempatan ini, dr Achmad memberikan tips kepada ibu hamil agar mau menjaga kesehatan selama kehamilannya. Anda harus melakukan pemeriksaan kehamilan rutin, konseling laktasi, jangan membersihkan organ intim dengan sabun, jauhi orang merokok, hindari pemakaian sepatu hak tinggi, dan lain sebagainya.

(hel)

Baca Juga

Balita Cenderung Cuek saat Diajak Interaksi, Apakah Ini Gejala Autisme?

Balita Cenderung Cuek saat Diajak Interaksi, Apakah Ini Gejala Autisme?