Mengungkap Mitos Seputar Kanker Serviks

Mengungkap Mitos Seputar Kanker Serviks

Ilustrasi (Foto: Everydayhealth)

KANKER serviks, tergolong sebagai penyakit terbanyak yang dialami oleh pebderita kanker serviks. Kata 'kanker' kerap dikonotasikan sebagai penyakit yang mematikan dan membuat wanita terancam secara psikis dalam berjuang melawan penyakit ini.

Beberapa dari wanita ketakutan akibat mitos yang berkembang melalui informasi tersebut. Melansir Health365, Selasa (21/3/2017), berikut mitos seputar kanker serviks yang beredar di masyarakat.

Mitos 1: Positif HPV pasti menyebabkan kanker

Human papillomavirus (HPV), infeksi yang dapat menyebabkan perubahan pada sel-sel pada serviks, yang dapat menyebabkan kanker serviks. Bila Anda didiagnosis positif untuk HPV, bukan berarti bahwa Anda pasti memiliki kanker serviks.

HPV bisa hilang sendiri berkat kerja sistem kekebalan tubuh melawan infeksi secara alami. Namun, bila virus ini berpeluang untuk mengembangkan perubahan sel pada leher rahim, bisa saja memicu kanker serviks dari waktu ke waktu.

Mitos 2: Kanker serviks hanya penyakit orang tua

Mungkin mitos yang paling umum bahwa kanker serviks pada wanita yang lebih tua. Padahal, kanker serviks dapat mempengaruhi perempuan dari segala usia.

"Rata-rata usia saat diagnosis prakanker serviks (dikenal sebagai displasia) adalah 29 tahun, dan karsinoma invasif biasanya dialami pada usia 47 tahun," ungkap Bradley Monk dalam tulisannya yang berjudul Myths & Facts about Cervical Cancer.

Mitos 3: Kanker serviks bisa menular

HPV yang menyebabkan kanker serviks ditularkan melalui kontak seksual. Infeksi virus ini sangat menular. Namun, sel-sel kanker itu sendiri, bagaimanapun tidak dapat menyebar dari satu orang ke orang lain.

Mitos 4: Kanker serviks menurun di keluarga

Tidak ada terbukti bahwa kanker serviks dapat diturunkan. Tidak seperti kebanyakan kanker lainnya, faktor genetik tidak memberikan peluang untuk mengembangkan penyakit ini. Kanker serviks disebabkan oleh HPV, yang mana ditularkan secara seksual.

(hel)

Baca Juga

6 Kesalahan yang Dilakukan Wanita saat Hamil, Tidak Pakai Sabuk Pengaman saat di Mobil Salah Satunya!

6 Kesalahan yang Dilakukan Wanita saat Hamil, Tidak Pakai Sabuk Pengaman saat di Mobil Salah Satunya!