Selain Tingkatkan Kecerdasan Otak, Nih Manfaat Meditasi

Selain Tingkatkan Kecerdasan Otak, Nih Manfaat Meditasi

Meditasi punya manfaat besar (Foto: Google)

BANYAK manfaat bisa didapatkan dengan cara meditasi. Selain bisa meningkatkan kecerdasan otak, tetapi bisa juga mengatasi nyeri dan lainnya.

Meningkatkan kecerdasan otak tak hanya bisa dilakukan dengan belajar dan mengasah kemampuan. Meningkatkan kecerdasan otak bisa dilakukan dengan meditasi. Mau bukti?

Sebenarnya, meningkatkan kecerdasan otak dengan meditasi merupakan cara tradisional yang telah lama digunakan. Cara ini rupanya sangat efektif dan bermanfaat bagi peningkatan kecerdasan otak itu.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychiatry Research menemukan bahwa meditasi meningkatkan aliran darah ke otak dan perubahan ini berlangsung lama, bahkan setelah meditasi berakhir.

Para ilmuwan di Ahmanson-Lovelace Brain Mapping Center di UCLA mempelajari efek dari meditasi pada stres sirkuit otak.

Sepuluh meditator berpengalaman melakukan dua jenis meditasi yakni teknik meditasi berbasis fokus dan teknik meditasi berbasis praktik napas.

Otak meditator dipindai menggunakan teknologi MRI sebelum meditasi dan selama praktek meditasi. Hasilnya, para peneliti menemukan ada empat wilayah otak terpengaruh selama meditasi.

Dampak positif dari meditasi pada aliran darah ke otak mungkin memiliki aplikasi dalam mengobati gangguan otak atau stroke dan menjaga otak tetap sehat untuk jangka waktu yang panjang.

Meditasi juga telah dikaitkan dengan perbaikan suasana hati, mengatasi nyeri, peningkatan aktivitas sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan bronkus dan arteri otot.

Berikut tips latihan meditasi sederhana namun efektif, seperti dilansir laman Care2.

1. Duduk dalam posisi yang nyaman di mana Anda tidak akan terganggu. Tutup mata. Kepala Anda dalam posisi tegak dan bahu rileks.

2. Mulailah dengan bernapas dalam-dalam dan mantap. Jangan memaksa pernapasan Anda. Cukup bernapas sedalam yang Anda bisa.

3. Kemudian coba memperluas pernapasan hingga ke perut Anda.

4. Lanjutkan bernapas dalam-dalam selama minimal 10 menit. Semakin lama Anda bisa bermeditasi, maka akan semakin baik. Demikian di tulis Jppn.com.

(tty)

Baca Juga

6 Kesalahan yang Dilakukan Wanita saat Hamil, Tidak Pakai Sabuk Pengaman saat di Mobil Salah Satunya!

6 Kesalahan yang Dilakukan Wanita saat Hamil, Tidak Pakai Sabuk Pengaman saat di Mobil Salah Satunya!