Moms, sejak Usia 8 Tahun Anak Sudah Harus Dinasihati tentang Pergaulan Ya

Moms, sejak Usia 8 Tahun Anak Sudah Harus Dinasihati tentang Pergaulan Ya

Pergaulan remaja (Foto: Huffingtonpost)

MASA remaja adalah masa di mana seseorang mencari jati dirinya. Dalam masa pencarian tersebut, godaan terjerumus ke pergaulan tak sehat semakin kuat.

Peran orangtua memastikan anak-anaknya tak terjerumus ke dalam lembah obat-obatan terlarang. Bagaimana caranya? Simak ulasannya seperti dilansir dari Parents, Senin (10/4/2017) berikut:

Beri tahu bahayanya

Sejak anak menginjak usia 8 tahun, Anda harus memberi tahu betapa bahayanya narkoba untuk kehidupan. Awalnya beri pengertian pada mereka bahwa anak-anak tak sebaiknya merokok, minum alkohol, apalagi mengkonsumsi narkoba. Karena selain kesehatan bisa terganggu, alkohol dan narkoba bisa memberi dampak buruk bagi hidupnya.

Tingkatkan rasa percaya dirinya

Masa pubertas dapat membuat rasa percaya diri anak Anda berkurang. Hal ini bisa menimbulkan rasa tidak aman, keraguan, dan tekanan. Karena itu, berilah semangat positif pada masa-masa remajanya. Arahkan dia ke kegiatan positif yang akan membimbingnya ke dalam kesuksesan.

Beri kesempatan mengambil keputusan

Berilah kesempatan kepada anak Anda untuk mengambil keputusan. Seperti memilih sepatu seperti apa yang ingin dia pakai atau memilih kegiatan apa yang dia sukai. Kesempatan yang diberikan akan membuatnya merasa dilibatkan pada hal mendasar tentang hidupnya. Sehingga dia tidak merasa dikendalikan orangtua.

Berikan contoh bahayanya narkoba

Anda mungkin ingin menjauhkan anak dari bahaya narkoba. Tapi alih-alih menceritakan kengerian dampak narkoba dengan bahasa yang melebih-lebihkan, tunjukkan saja fakta-faktanya. Tunjukkan bahwa narkoba bisa berdampak buruk, tapi jangan menakut-nakutinya.

(vin)

Baca Juga

Momen Lebaran si Mantan Minta Balikan? Jangan Terjebak Modusnya Ya

Momen Lebaran si Mantan Minta Balikan? Jangan Terjebak Modusnya Ya