Penderita Diabetes Perlu Minum Cuka Apel di Malam Hari

Penderita Diabetes Perlu Minum Cuka Apel di Malam Hari

Cuka apel kendalikan kadar gula darah (Foto: Health)

TERBUAT dari fermentasi buah apel, cuka apel telah digunakan untuk kesehatan manusia selama ribuan tahun. Kini minum cuka apel menjadi tren sehat yang semakin populer.

Salah satu manfaat yang tidak terduga dari cuka apel adalah mampu mengendalikan gula darah. Ini sangat penting bagi orang-orang yang memiliki penyakit diabetes tipe 2 dan mereka para pra-diabetes.

Diperkirakan, hampir 400 juta orang di seluruh dunia mengidap diabetes. Jika ditambahkan peningkatan pra-diabetes, diperkirakan jumlah pengidap diabetes akan meningkat menjadi lebih dari 470 juta orang pada 2030.

Namun, minum cuka apel bagi penderita diabetes bisa menjadi sangat penting. Sebuah studi tahun 1995 menunjukkan, ketika cuka apel dikonsumsi dengan makanan, secara signifikan mengendalikan respon glikemik tubuh terhadap konsumsi makanan, termasuk roti.

Penelitian lain menunjukkan terjadinya keterlambatan respon insulin dan peningkatan rasa kenyang setelah mengonsumsi makanan berupa roti dan cuka apel. Hal ini juga dapat memiliki implikasi untuk menurunkan berat badan.

Penelitian-penelitian tersebut mendorong peneliti lain untuk menyelidiki efek mengonsumsi cuka apel di malam hari, sebelum tidur. Hal ini untuk melihat bagaimana cuka apel memengaruhi kadar glukosa darah di pagi hari pada orang-orang dengan diabetes tipe 2.

Mengalami hiperglikemia (gula darah terlalu tinggi) saat tidur umum terjadi pada orang dengan diabetes tipe 2. Hal ini terjadi karena disfungsi hati atau ketika organ tidak mensintesis gula darah dengan baik.

Pada penelitian ini menemukan, asam asetat dalam cuka apel efektif mengendalikan sintesis glukosa di hati dan otot rangka. Pengidap diabetes dengan gangguan metabolisme dapat mengambil manfaat cuka apel untuk mencegah kenaikan glukosa sebelum sarapan.

Dengan memperlambat pemecahan karbohidrat, tingkat gula darah menjadi lebih stabil, mengurangi lonjaka yang merangsang produksi insulin. Demikian sebagaimana dikutip dari laman Dailyhealthpost, Senin (10/4/2017).

(hel)

Baca Juga

Setelah Bangun Pagi, Jangan Minum Kopi dan Lupa Sarapan jika Tidak Ingin Stres!

Setelah Bangun Pagi, Jangan Minum Kopi dan Lupa Sarapan jika Tidak Ingin Stres!