Sembuhkan Anak dari Trauma Yuk, Buat Dia Merasa Bahagia Selalu!

Sembuhkan Anak dari Trauma Yuk, Buat Dia Merasa Bahagia Selalu!

Pola asuh (Foto: Tipsofdivorce)

APA PUN bentuk kekerasan yang dilakukan terhadap anak selalu membekas di hati mereka. Entah itu mencubit, berkata kasar, apalagi tindakan kekerasan seksual terhadap anak. Semua itu menyebabkan trauma yang mengganggu perkembangan psikologis dan tumbuh kembang anak.

Banyak orangtua bingung bagaimana menyembuhkan anak dari trauma kekerasan yang pernah mereka alami. Sebenarnya menurut Direktur PAUD Institut, Dhanang Sasongko mudah sekali menyembuhkan anak dari trauma. Yaitu dengan buat mereka selalu bahagia.

"Ciptakan lingkungan yang selalu bahagia, kondusif, aman, dan nyaman bagi anak. Biarkan anak merasa nyaman dalam suatu keadaan sehingga mereka bisa melakukan aktivitas bermain yang membuat anak lupa dari kejadian yang menyakitkan," ucap Dhanang kepada Okezone, Rabu 12 April 2017 di Jakarta Selatan.

Ia mengatakan, jiwa yang sehat dan lingkungan yang penuh kasih adalah fase awal yang harus didapat anak untuk menyembuhkan mereka dari trauma. Perasaan yang bahagia membuat anak merasa terlindungi.

"Sebaliknya, suasana yang tidak nyaman, orangtua yang galak, dan masalah yang terjadi di lingkungan mereka tinggal akan menambah perasaan sakit hati sehingga mereka akan terus menyimpan trauma," sambungnya menjelaskan.

Jadi, bila anak mengalami trauma orangtua harus menjadi penolong dan pelindung. Jangan terbawa suasana, karena anak trauma orangtua jadi stres. Kalau sudah demikian sebaiknya anak ditangani oleh psikolog.

(vin)

Baca Juga

Sibuk Siapkan Pernikahan, Jawab Ini Dulu Sebelum <i>Booking Wedding Vendor</i>

Sibuk Siapkan Pernikahan, Jawab Ini Dulu Sebelum Booking Wedding Vendor