Lindungi Anak dari Kekerasan, Ibu Muda Harus Paham Model Parenting seperti Ini!

Lindungi Anak dari Kekerasan, Ibu Muda Harus Paham Model Parenting seperti Ini!

Pola asuh (Foto: Babysitting)

ANAK usia 2-6 tahun sangat rentan dari tindak kekerasan orang dewasa, bahkan dari sesama anak-anak. Oleh karena itu, setiap anak perlu dibekali untuk bisa melindungi diri sendiri dari pengaruh buruk lingkungan.

Bagi orangtua yang sudah memasukan anak ke Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), ikut sertalah bersama guru mengambil peran tentang bagaimana pola mengasuh anak yang tepat sesuai kebutuhan anak. Termasuk bekerja sama melindungi anak dari berbagai jenis kekerasan.

Direktur PAUD Intitute, Dhanang Sasongko mengatakan, peran serta orangtua dan guru merupakan kesatuan penting guna mencerdaskan anak bangsa dan melindungi anak dari tindak kekerasan.

"Guru-guru di PAUD diimbau untuk mengajak para ibu baru yang minim pengetahuan atau belum sadar parenting untuk bersinergi mengasuh anak bersama-sama," ucap Dhanang kepada Okezone, belum lama ini di Jakarta.

Guru yang sudah dibekali pendidikan mengasuh, mendidik, dan melindungi anak harus aktif berdiskusi dan sharing informasi kepada orangtua tentang bagaimana melindungi anak dari kekerasan.

"Dengan adanya kerja sama antara orangtua dan guru, akan tercipta pola asuh yang sesuai dengan kebutuhan si anak. Keterbukaan orangtua tentang lingkungan anak yang dekat tindak kekerasan, dapat dipecahkan bersama oleh guru," terangnya.

(vin)

Baca Juga

Tradisi Paling Dirindukan saat Lebaran

Tradisi Paling Dirindukan saat Lebaran