Yuk Moms, Buat Aktivitas seperti Ini agar si Kecil Gembira Belajar Kelola Uang

Yuk Moms, Buat Aktivitas seperti Ini agar si Kecil Gembira Belajar Kelola Uang

Pola asuh (Foto: Liveoutloud)

MOMS, ternyata aktivitas sederhana dapat mengajarkan anak tentang prinsip-prinsip dasar keuangan lho. Seperti, cara menghemat uang, membuat anggaran, menunda kesenangan demi menabung, dan termasuk beramal.

Banyak orangtua tidak sadar kalau anak-anak cukup mampu mengelola keuangannya sendiri. Ajarkan mereka dengan cara-cara menyenangkan, sebab mendidik anak mengelola uang itu mudah, seperti lewat aktivitas berikut yang dirilis dari Parents, Jumat (14/4/2017).

Sisa uang jajan untuk beramal

Anak usia 4 tahun sudah bisa diajarkan beramal. Penelitian menunjukkan hal-hal kecil dapat membawa perubahan besar. Ajarkan konsep ini kepada anak dengan beramal. Ketika belanja ke toko dan anak mendapatkan kembalian, ajarkan dia untuk memberi. Tapi jangan katakan untuk mendapatkan imbalan yang lebih besar. Ajarkan anak konsep ikhlas dan Tuhan akan membalas tanpa diduga-duga.

Kupu-kupu efek

Sekitar usia 4-5 tahun, anak sudah bisa diajarkan bersabar dan cerdas menabung. Ketika anak ingin belanja, ajarkan dia menabung untuk investasi jangka panjang. Seperti proses kupu-kupu yang berubah jadi kepompong akibat buah kesabaran. Maka dengan menabung dia bisa membeli apa yang diperlukan dengan uang yang terjangkau kemudian hari.

Membuat kue

Anak suka jajan? Katakan itu pemborosan. Anak-anak usia 6-7 tahun sudah bisa diajarkan belanja dan memasak. Jika dia suka jajan, biarkan dia belanja kue yang diinginkan. Lalu, ajak dia ke toko bahan makanan dan membeli bahan kue favoritnya. Ikuti perintah Youtube dan ajarkan anak membuta kue. Kemudian hitung bersama berapa uang yang terpakai untuk membeli kue dan membuatnya sendiri. Membuat kue jelas membutuhkan pengeluaran lebih sedikit, dengan begitu anak bisa menghentikan kebiasaan jajan dan menabung lebih banyak.

(vin)

Baca Juga

Sibuk Siapkan Pernikahan, Jawab Ini Dulu Sebelum <i>Booking Wedding Vendor</i>

Sibuk Siapkan Pernikahan, Jawab Ini Dulu Sebelum Booking Wedding Vendor