Anak Cengeng Enggak Karuan, Ini Solusinya Moms

Anak Cengeng Enggak Karuan, Ini Solusinya Moms

Pola asuh (Foto: Readersdigest)

KETIKA anak Anda  di tengah-tengah sedang mengamuk, itu bisa jadi hal tersulit bagi orangtua untuk menenangkannya.

Tangisan mengerikan tiba-tiba terdengar dari anak. Mereka menangis karena keinginannya tak dipenuhi. Bahkan anak tak melihat tempat di mana dia menangis.

Perilaku anak yang cengeng membuat orangtua jengkel dan malu. Tapi, menurut Ray Levy, PhD, seorang psikolog klinis, anak usia 1-4 tahun sering menangis itu normal. Lantas apa yang harus dilakukan orangtua? Seperti dilansir Parents, Senin (17/4/2017), inilah cara yang bisa dilakukan orangtua untuk menghentikannya.

Abaikan

Kompromi dengan anak yang sedang melampiaskan marahnya, sama saja sia-sia. Anak tak akan mau diajak bicara. Jadi abaikan saja dia, ini tak akan membuatnya lebih buruk. Ketika anak sudah diam, barulah bicara.

Beri dia ruang

Kadang-kadang anak-anak hanya perlu untuk mengelurkan kemarahannya. Memberi anak ruang dapat mengajarkan cara mengeluarkan emosi negatif. Cara ini akan bekerja dengan sendirinya.

Buat pengalihan

Ini adalah tentang mental. Ketika anak sedang menangis sekencang-kencangnya, cobalah alihkan perhatiannya. Misal, "Kita makan es krim yuk." Cara ini bisa menangkal perangai anak yang sedang berlangsung. Ketika anak mendengar ada sesuatu yang lebih menarik, fokusnya akan teralihkan.

(vin)

Baca Juga

Sibuk Siapkan Pernikahan, Jawab Ini Dulu Sebelum <i>Booking Wedding Vendor</i>

Sibuk Siapkan Pernikahan, Jawab Ini Dulu Sebelum Booking Wedding Vendor