Hindari Macet, Ini Kota di Sekitar Jakarta yang Pas untuk Libur Panjang

Hindari Macet, Ini Kota di Sekitar Jakarta yang Pas untuk Libur Panjang

Ilustrasi Liburan Naik Kereta (foto: Okezone)

SALAH satu masalah yang membuat orang Jakarta malas berekreasi di luar kota saat libur panjang adalah kemacetan. Tapi, kalau ada banyak kota dan transportasi alternatif untuk menghindari kemacetan kenapa tidak?

Jadi, jangan khawatir lagi untuk menghabiskan libur panjang di akhir pekan April dan Mei mendatang. Berikut Okezone daftarkan beberapa kota menarik untuk libur panjang Anda mendatang.

Cirebon

Untuk pergi ke kota di utara Jawa Barat ini, Anda bisa menggunakan bus atau kereta dari Jakarta dengan jarak kurang lebih 3 jam. Cirebon adalah kota yang cocok untuk liburan bersama keluarga, baik untuk mempelajari sejarah kesultanan, mencicipi kuliner khas, sampai wisata belanja.

Purwakarta

Jika ingin menghindari macet searah jalur menuju Bogor dan Bandung, untuk ke Purwakarta, Anda bisa naik kereta ekonomi yang beroperasi setiap hari. Purwakarta memiliki daya tarik alam menarik, seperti Waduk Jatiluhur, Gunung Tebing Parang, Gunung Lembu, juga wisata kuliner yang terkenal dengan Sate Maranggi-nya.

Kota Bogor

Kota Bogor juga memiliki banyak alternatif transportasi yang bisa membantu menghindari Anda dari macet. Selain Bus Transjakarta, ada juga kereta Commuter Line yang berakhir di Stasiun Bogor.

Stasiun ini dekat dengan banyak pusat belanja dan kuliner unik Bogor, juga beberapa tempat wisata terkenal seperti Taman Topi, Kebun Raya Bogor, Wisata Kuliner Suryakencana, dan banyak lagi.

Kepulauan Seribu

Sebelum menyeberang dari Muara Angke atau Marina Ancol, Anda bisa naik Bus Transjakarta, angkot, atau transportasi pribadi yang akan mengantarkan Anda ke sana. Untuk ke banyak pilihan pulau di Kepulauan Seribu, ada kapal ferry dan berbagai kapal cepat yang bisa dinaiki untuk sampai ke pulau tujuan tanpa macet.

Pulau-pulau yang bisa didatangi di Kepulauan Seribu antara lain Pulau Pramuka yang memiliki penangkaran penyu, Pulau Tidung atau Pulau Harapan untuk menikmati suasana pulau yang cantik. Ada juga Pulau Onrust yang bersejarah, atau Pulau Macan dan Pulau Putri yang memiliki resor eksklusif.

(fid)

Baca Juga

Masya Allah, Libur Lebaran di Arab Saudi Sampai 16 Hari!

Masya Allah, Libur Lebaran di Arab Saudi Sampai 16 Hari!