Moms, Anak Cengeng di Depan Umum Jangan Langsung Dimanja Ya!

Moms, Anak Cengeng di Depan Umum Jangan Langsung Dimanja Ya!

Pola asuh (Foto: Babycenter)

ANAK menangis adalah bentuk ekspresi mereka mengeluarkan emosi. Kadang-kadang tangisan begitu sengit di depan umum. Perilaku anak seperti itu bahkan membuat orangtua malu.

Ingat moms, anak usia 1-3 tahun sangat rentan mengamuk. Claire B. Kopp, profesor psikologi perkembangan terapan di Claremont Graduate University of California menyatakan, balita tak punya banyak kata-kata yang bisa diungkapkan. Keterbatasan berbahasa membuat mereka mengungkapkan perasaannya seperti orang frustasi.

Orangtua disarankan tidak terpengaruh dengan sikap anak. Stigma ‘cengeng’ yang disematkan kepada anak-anak yang sudah berteriak di depan umum, tidak harus diambil hati. Sehingga orangtua tak perlu menuruti semua kemauan anak. Melansir dari Babycentre, Senin (17/4/2017) berikut cara yang dapat dilakukan orangtua bila anak menangis di depan umum.

Stay cool

Anak yang menangis di depan umum memang tidak enak dilihat. Selain menendang, berteriak, mereka juga tidur di lantai. Bahkan anak-anak bisa melempar benda-benda yang ada di sekitar dan memukul. Meski sulit menangani ini, tariklah napas Anda, dan anggap itu normal. Duduklah di sampingnya serta temani dia yang sedang emosi.

Redakan sejenak

Biasakan sejak anak berusia 18 bulan, bantu dia mengelola perasaan. Bawa anak ke tempat yang tenang beberapa saat. Mungkin dia bosan dengan situasi yang ada saat dia menangis. Jika anak menolak, tinggalkan dia sendiri. Tapi pastikan dia aman di tempat tersebut.

Bicarakan sesudahnya

Ketika badai reda, dekap anak dan berbicara tentang apa yang terjadi. Diskusikan mengapa dia menangis. Cari tahu apa yang mengganggu perasaannya. Biarkan dia mengungkapkan perasaannya dengan kata-kata yang dia miliki. Kemudian minta maaf serta bawa anak tersenyum.

(vin)

Baca Juga

Cinta Lama Bersemi Kembali, Keluarga Ini Baru Bikin Foto "Anak Pertama" saat Puteranya Sudah 21 Tahun

Cinta Lama Bersemi Kembali, Keluarga Ini Baru Bikin Foto "Anak Pertama" saat Puteranya Sudah 21 Tahun