Ini Sederet Cara Redakan Konflik saat Mempersiapkan Pernikahan

Ini Sederet Cara Redakan Konflik saat Mempersiapkan Pernikahan

Mempersiapkan pernikahan (Foto: Laetitialazizi)

KETIKA mempersiapkan pernikahan, banyak hal yang bisa menimbulkan konflik. Karena itu Anda harus memiliki persiapan mental yang baik.

Psikolog dari Tiga Generasi, Fathya Artha Utami mengatakan, untuk meredam konflik tersebut diperlukan beberapa cara. Pertama, Anda harus bisa saling memperkuat satu sama lain.

“Sudah siap sama-sama mengerti, bahasa cintanya sama, pasti konflik apa pun akan teredam,” ujar Fathya kepada Okezone di Jakarta baru-baru ini.

Kemudian Anda tidak bisa mengabaikan peran mertua dalam pernikahan. Saat mempersiapkan pernikahan, mungkin Anda dan mertua tidak sepaham tentang konsep pernikahan atau hal lainnya. Di sinilah Anda dan pasangan perlu kompak untuk menghadapinya. Jika sudah satu suara, Anda maupun pasangan tidak perlu bertengkar untuk mempersiapkan pernikahan.

Selanjutnya, komunikasikan konsep pernikahan antar keluarga. Apalagi jika Anda mendapat dana pernikahan dari beberapa pihak.

“Kedua belah pihak harus mengomunikasikan yang diinginkan pernikahan. Karena ini acaranya keluarga. Sedangkan pasangan punya keinginan pernikahan seperti apa. Seharusnya bisa mengomunikasikan dengan baik. Saling terbuka satu sama lain,” tutur Fathya.

Fathya melanjutkan, pasangan juga harus jujur satu sama lain tentang kemampuan finansial serta kesehatan. Selain itu, pasangan juga harus saling terbuka tentang ekspektasi pernikahan.

“Karena bisa kaget ketika sudah menikah, pasangan lebih cuek. Suami ingin istri yang seperti apa,” lanjutnya.

Setelah semua hal itu terpenuhi, Anda juga harus jujur tentang cita-cita. Jangan sampai setelah menikah, pasangan atau Anda baru memberi tahu tentang rencana melanjutkan pendidikan dalam waktu dekat. Karena ini justru akan menimbulkan konflik yang lebih besar nantinya.

(vin)

Baca Juga

Bingung Pilih Buku untuk Anak di Pameran? Ikuti Petunjuk Ini

Bingung Pilih Buku untuk Anak di Pameran? Ikuti Petunjuk Ini