Pilihan Wisata yang Bisa Dinikmati di Kota Maumere

Pilihan Wisata yang Bisa Dinikmati di Kota Maumere

Gereja Sika, Maumere (foto: Instagram/@kelanainspirasi)

KOTA terbesar di Pulau Flores, Maumere, yang belum lama populer dengan lagu berjudul sama, merupanya salah satu daerah yang cantik dengan laut sebagai perbatasannya. Tapi banyak juga yang dapat dinikmati di dalam kota.

Ibu Kota Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, yang mayoritas penduduknya Kristiani dan pernah dikunjungi Paus Yohanes Paulus II pada 1989 ini kaya budaya dan sejarah. Beberapa buktinya akan dijelaskan sebagai berikut.

Gereja Sikka

Gereja berumur lebih dari satu abad di Sikka Natar ini didirikan oleh misionaris dari tarekat Jesuit dengan bantuan raja Sikka. Dengan arsitektur dari abad k3-18 dan ke-19 ini, bangunan gereja ini begitu menarik, ditambah dindingnya yang dihias dengan lukisan motif tenun ikat Sikka.

Museum Bikon Blewut

Nama museum ini terdiri dari Bikon yang berarti lampau dan blewut yang artinya sisa-sisa peninggalan. Jadi, museum ini adalah rumah dari berbagai koleksi peninggalan bersejarah masa lampau, seperti fosil, pakaian adat, perhiasan, benda-benda porselen, alat musik, tenunan, anyaman dan ukiran, dan fauna.

Museum ini menjadi yang terbesar di Nusa Tenggara Timur. Letaknya sendiri berjarak 10 km dari pusat Kota Maumere, tepatnya di Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero Kecamatan Nita Kabupaten Sikka.

Dusun Watubelapi

Lost in Flores #watubelapi #maumere #NTT #visitindonesia #wonderfulindonesia #flores #traditional #thejourney

A post shared by a.m 318413 (@__amelisa) on Oct 4, 2015 at 11:37pm PDT

Jika Anda mencari hasil kerajinan tangan warga lokal, Anda bisa ke Watubelapi di mana warganya membudidayakan kain ikat tenun. Masyarakat di sana masih membuat kain ikat tenun secara tradisional, dengan alat pemintal dari kayu. Wisatawan yang ke sana bisa mempelajari semua proses pembuatan kain tradisional tersebut.

Pasar Geliting

You dance, I dance. #inikisahtigadarathemovie #maumere #pasargeliting #niadinatafilm

A post shared by Pritagita Arianegara (@arianegara) on Aug 31, 2016 at 8:49am PDT

Pasar tradisional di Maumere ini bisa menjadi tempat Anda mencari oleh-oleh murah untuk dibawa pulang. Anda bisa mencoba keahlian tawar-menawar agar barang yang menarik hati Anda dapat diberikan dengan harga murah.

(fid)

Baca Juga

Kenali Bangunan Sekolah Bersejarah di Semarang <i>Yuk!</i>

Kenali Bangunan Sekolah Bersejarah di Semarang Yuk!