Menengok Tempat Pengasingan Soekarno-Hatta di Pulau Bangka

Menengok Tempat Pengasingan Soekarno-Hatta di Pulau Bangka

Rumah Pengasingan Soekarno-Hatta di Pesanggrahan Menumbing (foto: Instagram/@elissa_ko)

SEKIRA tahun 1948-1949, Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta ternyata pernah diasingkan Belanda ke Pulau Bangka. Lebih tepatnya di sebuah wisma di komplek vila bernama Pesanggrahan Menumbing yang berlokasi 12 km dari kota Muntok.

Sebelum dijadikan tempat pengasingan, vila ini dulunya digunakan sebagai tempat istirahat para pegawai perusahaan Bank Tinwinning Bedriff di tahun 1927-1930. Setelah itu, diteruskan menjadi tempat pengasingan pemimpin Republik Indonesia.

Rumah pengasingan Bung Karno-Moh.Hatta 1979 #reviewsejarah dikit ūü§ď#beautifullbangka #sejarahindonesia #twins #holiday #familytime

Sebuah kiriman dibagikan oleh Elissa Koeswanto.md (@elissa_ko) pada Mar 27, 2017 pada 5:44 PDT

Hingga saat ini wisma yang memiliki gaya arsitektur Belanda tersebut masih berdiri kokoh dan juga dilestarikan menjadi sebuah museum. Anda bahkan bisa merasakan detik-detik pengasingan puluhan tahun silam.

Ada banyak ruangan di dalamnya dan Anda bisa masuk secara gratis. Anda bisa menemukan ruang pertemuan hingga ruang tidur Soekarno saat itu. Kamarnya masih seperti dulu kala ketika Soekarno diasingkan dan bernuansa putih.

Setelah puas berkeliling, Anda bisa pergi ke lantai atas untuk merasakan keindahan Bukit Menumbing yang berada di atas ketinggian 445 mdpl. Suasana sejuk dan hijau akan memanjakan Anda di sana.

Namun, untuk menuju lokasi Pesanggrahan Menumbing dibutuhkan banyak waktu, dari Pangkal Pinang harus melewati Kota Muntok yang bisa ditempuh dengan jarak 3 sampai 4 jam.

(fid)
‚Äč

Baca Juga

Bikin Merinding!! Pemudi di AS Tak Sengaja Merekam Hantu Wanita saat Berwisata di Istana

Bikin Merinding!! Pemudi di AS Tak Sengaja Merekam Hantu Wanita saat Berwisata di Istana