Menelisik Masjid Perahu di Jakarta

Menelisik Masjid Perahu di Jakarta

Masjid Perahu, Cassablanca, Jakarta (foto: Instgram/@naila_sdh)

JAKARTA ternyata memiliki bangunan masjid yang unik berbentuk perahu. Seperti sebutannya, nama masjid ini demikian karena berbentuk perahu.

Berlokasi di daerah Casablanca, Menteng Dalam, Jakarta Selatan, masjid ini bernama lengkap Masjid Agung Al Munada Darussalam Baiturrahman. Komplek masjid ini terdiri dari bangunan masjid untuk solat dan bangunan seperti perahu asli di depannya.

Bagian berbentuk perahu ini digunakan hanya untuk tempat berwudhu. Di dalamnya terdapat sekitar 10 kran untuk berwudhu dengan toilet yang jumlahnya enam. Bangunan berbentuk perahu ini ternyata terinspirasi oleh kisah Nabi Nuh As.

Sementara itu, bangunan masjid juga memiliki atap yang unik, karena memiliki menara yang dipasangi pengeras suara adzan dengan bentuk kerucut yang bertumpuk. Bagian dalam Masjid Prahu juga unik karena terdapat tembok-tembok dan tiang kayu jati besar yang berlukiskan kaligrafi ayat Alquran.

Masjid yang didirikan oleh KH Abdurrahman Maksum di tahun 1963 ini memang cukup terpencil. Tapi, masjid ini layak dikunjungi untuk menambah pengalaman ibadah lebih di Ibukota dan tentunya layak untuk disebarkan lebih luas lagi ke masyarakat Jakarta.

(fid)

Baca Juga

Kota dengan Kemacetan Terburuk di Asia, Jakarta Urutan Berapa Ya?

Kota dengan Kemacetan Terburuk di Asia, Jakarta Urutan Berapa Ya?