Ke Pulau Bangka, Belum Sah Kalau Tak ke Gunung Maras

Ke Pulau Bangka, Belum Sah Kalau Tak ke Gunung Maras

Gunung Maras, Bangka (foto: Instagram/@nissaannash)

ADA yang mengatakan bahwa seseorang belum sah menjadi orang Pulau Bangka kalau belum mendaki Gunung Maras. Walaupun sebenarnya hanya berupa bukit, tapi Gunung Maras adalah titik tertinggi di pulau ini.

Gunung Maras memiliki ketinggian 699 meter di atas permukaan laut adalah daya tarik lainnya yang harus didatangi wisatawan, selain keindahan pantai dan laut di pulau tetangga Pulau Laskar Pelangi tersebut.

Gunung ini tidak hanya bisa didatangi pecinta gunung, siapa pun bisa mencoba mendaki gunung ini. gunung ini memiliki puncak yang bisa dicapai dengan mendaki selama empat jam. Meski rasa capek pasti dirasakan, pemandangan yang bisa didapat di atas puncak akan membayar semuanya.

Jika Anda minat mendaki ke atas, Anda bisa ke Kampung Buhir dan meminta izin mendaki di Rumah Juri Kunci Gunung Maras. Jangan lupa memakai perlengkapan dan membawa kebutuhan yang memadai untuk pendakian, termasuk air dan makanan yang cukup. Pastinya, jangan membuang sampah sembarangan dan bawa turun sampah.

Selain puncak gunung, kaki gunung ini juga menawarkan daya tarik alam menarik. Di dasar Gunung Maras terdapat air terjun, hutan hujan tropis, termasuk jalanan yang bisa dinikmati sambil bersepeda, dan Sungai Perimping yang dilalui Jembatan Perimping yang ada sejak 1929.

Dikutip dari beberapa sumber, basecamp gunung ini bisa dijangkau dari Kota Sungailiat sejauh 70 km atau dari Kota Belinyu sejauh 33 km.

(fid)

Baca Juga

Dubai Mal, Surga Belanja yang Suguhkan Panorama Perkotaan Menakjubkan

Dubai Mal, Surga Belanja yang Suguhkan Panorama Perkotaan Menakjubkan