SELAMAT HARI KARTINI: Maknai Hari Kartini dengan Kebaya yang Dijadikan Busana Populer

SELAMAT HARI KARTINI: Maknai Hari Kartini dengan Kebaya yang Dijadikan Busana Populer

Ilustrasi kebaya (Foto: Instagram)

TANGGAL 21 April yang selalu diperingati sebagai hari Kartini bisa menjadi momentum untuk mengingat betapa kayanya budaya Indonesia. Termasuk dengan adi busananya yang sejak zaman Raden Ajeng (R.A) Kartini juga sudah unik dan khas.

Berbicara busana R.A Kartini tentu kita akrab dengan atasan kebayanya. Potongan kutu baru dengan lengan panjang kemudian kancing di bagian depan. Kadang pula divariasikan dengan potongan yang berkesan seperti memakai kemben di bagian depan. Tak lupa kain tradisional khas jawa yang membalut bagian bawah tubuhnya membuatnya semakin anggun dan ayu.

Lantaran itu, Indonesia Fashion Chamber (IFC) chapter Jakarta mengadakan sebuah trunk show untuk memaknai hari Kartini dengan menampilkan karya kreasi kebaya sebagai ikon budaya yang harus dijaga dan dilestarikan.

(Foto: Afiza / Okezone)

Ini bertuuan untuk menjadikan kebaya sebagai busana populer yang mendunia seperti batik yang telah sukses menyebarkan virusnya sampai skala internasional yang bisa dipakai di acara non formal sekalipun.

Salah satunya pasangan kolaborasi dua desainer IFC, Inge Chu dan Ina Priyono memperlihatkan 8 looks kebaya modern dengan paduan bordir dan juga bahan yang berbeda. Dua desainer ini menggunakan sheer organza berwarna nude, satin silk dan chiffon warna pastel yang cerah sebagai material utama.

Tak hanya itu, ada pula potongan dress, yang uniknya dipadukan dengan kebaya. Sesuai dengan tujuan dari penyelenggaraan trunk show ini yakni membuat kebaya menjadi busana populer. Kemudian, untuk kain yang membalut para model Inge dan Ina memilih kain dari Tegal yang menawan.

(ren)
TAG : bus

Baca Juga

Perawatan <i>Antiaging</i> Perlu Dilakukan saat Masih Muda!

Perawatan Antiaging Perlu Dilakukan saat Masih Muda!