Moms, Catat! Dilarang Emosi saat Mendisiplinkan Balita

Moms, Catat! Dilarang Emosi saat Mendisiplinkan Balita

Pola asuh (Foto: Reader's Digest)

MEMILIKI dua buah hati usia balita memang sungguh menyenangkan. Sebab mereka sedang lucu-lucu dan sangat aktif. Namun, menjaga dua balita sungguh merepotkan. Sehingga ibu sering kesulitan mendisiplinkan mereka, apalagi bila sedang berkelahi.

Lantas, disiplin seperti apa yang harus diterapkan kepada balita dan bagaimana caranya? Melansir dari Parents, Kamis (20/4/2017), mendisiplinkan balita tidak boleh emosi. Inilah beberapa cara terbaik untuk mendisiplinkan balita.

Jangan emosional

Tentu sulit untuk tetap tenang ketika anak hampir saja menceburkan dirinya ke kolam. Tapi jika berteriak dalam kemarahan, situasi akan sulit diterima anak. Suasana negatif yang menyerang anak tidak akan membuat mereka mendengarkan. Maka, ambil napas dalam-dalam, hitung sampai tiga baru tegur anak.

Jangan bertentangan

Berada di posisi seberang anak dan berkata “jangan” tidak membuat anak patuh. Mereka akan bersikeras mengacak-acak barang. Tapi cobalah cara yang berpihak pada mereka. Bantu anak menemukan hal menarik lain agar dia tidak bersikeras pada suatu objek yang bukan mainannya.

Konsisten

"Antara usia 2 dan 3, anak-anak bekerja keras untuk memahami bagaimana dampak perilaku mereka orang-orang di sekitar mereka," kata Claire Lerner, LCSW, Direktur sumber daya orangtua di Amerika Serikat. Jika reaksi Anda tidak konsisten bila anak main bola di rumah dia akan bingung. Jadi jika Anda melarang, maka katakan tidak setiap anak main bola di dalam rumah. Jangan sekali pun membiarkannya.

(vin)

Baca Juga

Stop Bentak Anak Rapihkan Kamar, Ini Bocoran Expert Tips Bereskan Kamar Anak dalam Sekejap

Stop Bentak Anak Rapihkan Kamar, Ini Bocoran Expert Tips Bereskan Kamar Anak dalam Sekejap