Kesalahan-Kesalahan saat Mengolah Telur, Nomer 4 Paling Sering Dilakukan

Kesalahan-Kesalahan saat Mengolah Telur, Nomer 4 Paling Sering Dilakukan

Cara mengolah telur (Foto:Imgid)

TELUR adalah salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi. Telur memiliki kandungan gizi yang sangat penting bagi tubuh. Selain itu, kelezatan rasa dan cara memasak yang mudah membuatnya dijadikan sebagai makanan alternatif.

Meski terlihat gampang, nyatanya masih banyak orang yang melakukan kesalahan saat memasak telur. Mau tahu, apa saja kesalahan yang paling sering dilakukan saat memasak telur? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Purewow, berikut ini:

1. Merebus telur terlalu lama

Banyak orang berpikir merebus telur dalam waktu lama akan memudahkan proses pengupasan cangkangnya. Padahal, cara itu jelas salah. Merebus terlalu lama justru menimbulkan bau amis tak sedap pada telur. Ciri telus yang terlalu matang adalahbagian kuningnya berubah warna menjadi biru keabu-abuan. Sebaiknya, rebus dalam kisaran waktu 15-30 menit sesuai dengan jumlah telur. Setelah itu, pindahkan telur dalam panci berisi air es untuk menghentikan proses pematangan dan memudahkan pengupasan.

2. Menggoreng telur dalam wajan yang belum panas

Saat terburu-buru, biasanya seseoang akan langsung menumpangkan wajan berisi mentega atau minyak ke kompor. Setelah itu, tanpa menunggu wajan cukup panas dan langsung memasukkan telur ke dalam wajan dengan harapan telur lebih cepat matang. Padahal, cara tersebut justu membuat beberapa kandungan gizi dalam telur rusak. Sebaiknya, masukkan telur saat wajan dan minyak di dalamnya panas. Masak telur menggunakan api sedang agar tidak cepat gosong.

3. Menambahkan toping terlalu cepat

Saat membuat orak-arik biasanya seseorang akan memecahkan telur langsung di wajan dan mencampurkannya dengan berbagai sayuran. Cara tersebut akan membuat telur tercampur dengan sayuran yang terkadang menghilangkan rasa telur tersebut.

Selain itu, memasukkan kedua bahan itu secara bersamaan justru membuat sayur kurang matang. Guna mengatasi hal tersebut seseorang biasanya akan menambahkan air. Padahal, cara itu justru membuat masakan berair dan cepat basi.

Cara terbaik membuat orak arik telur adalah memecahkan telur di dalam mangkuk dan mengaduknya sampai kuning dan putihnya tercampur rata. Setelah itu, masukkan ke dalam wajan yang sudah panas, tunggu sampai seperempat matang lalu aduk sembarang agar bergumpal.

Sementar itu, irislah sayuran dengan potongan yang lembut. Jika ingin menambahkan brokoli, sebaiknya rebus terlebih dahulu untuk mempercepat proses pemasakan. Setelah itu, campur semua sayuran ke dalam wajan berisi telur dan tambahkan penyedap. Tunggu sampai sayuran sedikit layu lalu angkat dan sajikan.

4. Merebus telur dalam air biasa

Kebanyakan orang merebus telur dalam air biasa tanpa mencampurkan bahan penyedap apapun. Padahal, cara tersebut kurang tepat. Sebaiknya, rebus telur dalam air yang diberi campuran cuka maupun air jeruk lemon. Selain menambah rasa, campuran bahan tersebut membuat hasil rebusan telur lebih baik dan cepat matang. Perhatikan pula jumlah air yang dipakai untuk merebus. Pastikan semua telur tenggelam dalam air tersebut.

(ndr)

Baca Juga

FOOD STORY: Roti Musim Panas Dipanggang dengan Gelembung Mata Air Panas dari dalam Perut Bumi Islandia

FOOD STORY: Roti Musim Panas Dipanggang dengan Gelembung Mata Air Panas dari dalam Perut Bumi Islandia