Di Dunia Kuliner, Ini 4 Sosok Kartini bagi Masyarakat Yogyakarta

Di Dunia Kuliner, Ini 4 Sosok Kartini bagi Masyarakat Yogyakarta

Sosok Kartini Yogyakarta (Foto:Instagram/Voilajogja)

MASING-MASING orang memiliki idola sosok Kartini sendiri sesuai sepak terjang dan keuletan tokoh tersebut dalam bidangnya. Termasuk dalam bidang kuliner.

Masyarakat Yogyakarta misalnya, yang memiliki sosok Kartini ada dalam tokoh yang mereka idolakan. Sosok Kartini itu muncul dalam tagar berjudul #sosokkartinijogja.

Mengetik tagar tersebut di mesin pencarian Google, setidaknya ada empat foto sosok wanita yang dianggap sebagai sosok Kartini Yogyakarta, uniknya, keempatnya adalah wanita yang berkiprah dalam dunia kuliner.

Berikut Okezone rangkumkan empat sosok Kartini Yogyakarta tersebut.

Mbok Wignyo

Adalah akun instagram Voilajogja yang mengunggah foto Mbok Wignyo. Ia adalah pemilik warung empal.

 

A post shared by Voila Jogja (@voilajogja) on


"Di tangan hangat mbo wig semua empal pun akan luluh akan keramahannya. Pokoke empal'e kalo udah diiris simbok jadi super empuq dan sambalnya itu lho muantap rek😍," tulis Voilajogja dalam caption fotonya.

 

Yu Djum

Siapa yang tidak pernah mendengar nama Yu Djum alias Bu Djuwariah yang belakangan diberi gelar Ibu Gudeg Indonesia. Ya, beliau yang kini sudah almarhum adalah pemilik warung gudeng legendaris Yu Djum.

 

A post shared by Voila Jogja (@voilajogja) on


"Walau Bu Djum sudah dipanggil Sang Gusti pada tanggal 14 November tahun lalu, legacynya akan tetap selalu diingat dunia sebagai pelopor menu unik berjudul "Gudeg" untuk dinikmati dunia," tulis caption foto tersebut.

 

Elha Diana

Usianya masih muda namun sudah melakukan hal yang sangat menguntungkan semua orang khususnya dalam bidang kuliner kekinian, pisang goreng.

 

A post shared by Voila Jogja (@voilajogja) on


Ya, Elha Diana dikenal sebagai pelopor lahirnya perpisangan modern di Yogyakarta.

"Berkat beliau jadi banyak penjaja pisang hoyeng bermunculan ndledek di Jogja and that's a good thing. Karena tidak peduli mau pria atau wanita semua gemar ngemut pisang👄," tulis keterangan foto.

Bu Gesti

 


Jika Anda berkesempatan jalan-jalan ke Yogyakarta dan mampir di Pasar Lempuyangan, maka jangan lupa untuk mencicipi jenang legendaris Bu Gesti. Konon, jenang buatannya adalah langganan para presiden dan juga keraton.

"4 varian jenang ajaib jenang sumsum putih, jenang sumsum manis, jenang mutiara, dan jenang candil ini tak akan lekang oleh waktu di Jogja selama Bu Gesti masih lincah berjualan," tulis keterangan foto.

(ndr)
TAG : masyarakat

Baca Juga

High Tea with HighEnd & Metland Menteng, Ajang Santai Menjalin Networking

High Tea with HighEnd & Metland Menteng, Ajang Santai Menjalin Networking