CT Scan Calcium Score Bentuk Pencegahan Penyakit Jantung Koroner

CT Scan Calcium Score Bentuk Pencegahan Penyakit Jantung Koroner

Ilustrasi (Foto: Zeenews)

SAAT ini banyak cara untuk bentuk pencegahan terjadinya penyakit jantung koroner. Jangan takut untuk melakukan pemeriksaan CT Scan Calcium Score setiap satu tahun sekali.

Ahli Radiologi Kepala Departemen Radiologi Rumah Sakit Umum Siloam Kupang dr Edwin H Pandjaitan SpRad mengatakan, gaya hidup yang tidak sehat menjadi salah satu penyebab meningkatnya jumlah pasien jantung koroner. Karena itu, setiap orang harus mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular yang dapat menyerang siapa saja.

Mengingat dari waktu ke waktu, jumlah pasien terus bertambah. Jika dulu penyakit jantung banyak menyerang orang di atas 35 tahun, kini penyakit ini banyak dialami oleh orang usia 20 tahun ke atas.

“CT Scan Calcium Score dilakukan menggunakan sinar X secara langsung ke jantung. Tujuannya untuk melihat kondisi pembuluh darah kororner manusia," ucap dr Edwin lewat pesan singkat yang diterima Okezone, Kamis (20/4/2017).

Dia menjelaskan, bila memang ada sumbatan atau plak kalsium di pembuluh darah, pasien dapat langsung berkonsultasi dengan sejumlah spesialis terkait. Cara ini dilakukan sebagai bentuk tindak lanjutnya agar tidak terlambat tertangani.

Pemeriksaan CT Scan Calcium Score berlangsung sekira 10-15 menit. Orang yang melakukannya akan disinar menggunakan radiasi dengan dosis yang rendah, sehingga masih aman bagi organ tubuh.

"Tapi ada larangan bagi ibu hamil agar tidak melakukan pemeriksaan. Mereka bisa rentan mendapatkan risiko efek radiasinya yang berbahaya,” simpulnya.

(hel)

Baca Juga

AWAS! Kebiasaan Sehari-hari Ini Penyebab Gagal Ginjal

AWAS! Kebiasaan Sehari-hari Ini Penyebab Gagal Ginjal