Dampak Tidur Tak Nyenyak Setiap Malam Picu Depresi

Dampak Tidur Tak Nyenyak Setiap Malam Picu Depresi

Ilustrasi (Foto: Boldsky)

JIKA Anda setiap malam merasakan tidur tidak nyenyak jangan diabaikan. Karena dampaknya bisa memicu depresi di kemudian hari.

Peneliti menyebutkan, apabila Anda tidak mendapatkan tidur yang nyenyak akan memengaruhi wilayah sebagian otak. Hal ini memudahkan orang untuk mengalami depresi dan cemas pada awalnya.

"Area otak mungkin harus bekerja lebih keras untuk mengubah respons emosional negatif pada orang yang tidak tidur nyenyak," ucap Heide Klumpp, Asisten Profesor di University of Illinois di Chicago College of Medicine di Amerika Serikat.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Depression and Anxiety ini juga menyebutkan, saat tidur nyenyak otak mampu istirahat total. Sebaliknya, jika tidak tidur nyenyak orang-orang banyak yang menderita kegelisahan atau depresi.

Tim peneliti menggunakan MRI fungsional untuk mengukur aktivitas di berbagai wilayah otak. Peserta juga ditantang mengatur emosinya saat studi berlangsung.

Ada sekira 78 peserta dalam penelitian ini dengan usia antara 18 dan 65 tahun. Mereka telah didiagnosis menderita gangguan kecemasan, gangguan depresi berat, atau keduanya.

"Pada orang dengan depresi atau kecemasan, ternyata dipicu karena kurang tidur nyenyak setiap malam. Akibatnya, mereka juga tidak berenergi untuk beraktivitas keesokan harinya," simpul Heide, dilansir Boldsky, Kamis (20/4/2017).

(hel)
TAG : depresi

Baca Juga

AWAS! Kebiasaan Sehari-hari Ini Penyebab Gagal Ginjal

AWAS! Kebiasaan Sehari-hari Ini Penyebab Gagal Ginjal